Wajah Indonesia Tahun 2005
Thursday, December 29, 2005

INDONESIA TAHUN INI…..

Mungkin banyak yang belum tahu soal statistic Indonesia tahun ini… Cuma mencoba menginformasikan kepada rekan-rekan sekalian mengenai beberapa data potret Indonesia di tahun ini…. Yah sekedar itung-itung refleksi akhir tahun bangsa ini… sebagai sebuah mile stone menuju tahun yang lebih baik….

Indeks Pencapaian Teknologi

60 dari 72 Negara (UNDP, 2001)

Rasio Tenaga Peneliti

0,5 per 1000 pekerja

Kepemilikan Televisi

153/ 1000 orang

Kepemilikan Komputer

11,9 dari 1000 orang (world Bank, 2004)

Pengguna Internet

39/1000 orang ; Di AS (553/1000 orang), Thailand (78/1000 orang), Singapore (504/1000) (world bank, 2004)

Indeks Daya Saing

72 dari 102 (WEF, 2004)

Indeks Pembangunan MAnusia

112 dari 175 negara yang disurvei (UNDP, 2003)

Belanja Pendidikan

0,93 % GDP (IMD, 2003)

Tingkat Inflasi Sampai Desember 2005

(diperkirakan) 18 % -Sumber Siaran Pers BI

Jumlah angkatan kerja

106 juta (BPS, 2005)

Tingkat PEngangguran

9,86 % (10, 8 juta penagguran terbuka dan 29,6 juta pengangguran setengah terbuka)- BPS 2004

JUmlah Penduduk Miskin

61, 3 juta penduduk atau 15, 325 Juta penduduk (Data BPS versi Bulan Februari 2005)

Jumlah Penduduk miskin Perdesaan

41 Juta (BPS, 2005)

Jumlah Penduduk Miskin PErkotaan

20.3 juta (BPS, 2005)

Rasio penduduk perdesan/perkotaan

122,7 juta : 94.3 atau 56 : 44 (BPS, 2005)

Pendapatan Perkapita Indonesia

$ 830 /tahun atau $69/bulan= Rp. 690.000/bulan (statistic Indonesia 2003)

Indeks Korupsi dari Political and Economic Risk Consultancy (PERC) 2005

Indeks 9,44 (dari skala 10, dengan 0 paling bersih dan 10 paling korup)

PEringkat Korupsi

Peringkat ke 6 terkorup dari 156 negara (survei Tahunan TII, 2005)

School life expectancy and transition from primary to secondary for school years 1998/99 and 1999/00

Negara ke 75 dengan penduduk terdidik

Source : http://www.nationmaster.com

Civil and political liberties-Index Ranging from 7 (High Levels of Liberties) to 1 (Low)This is the average of two indicators - civil liberties and political liberties

Negara ke 73 ( skor 3,5)

Source : http://www.nationmaster.com

IPM rata-rata nasional meningkat dari 64,3 pada tahun 1999 menjadi 65,8 pada tahun 2002.

Konsentrasi penduduk sekitar 60 persen ada di Pulau Jawa yang luasnya hanya 6,7 persen dari wilayah Indonesia (BPS, 2005)

199 kabupaten dari 440 kabupaten/kota di Indonesia, yang merupakan daerah tertinggal. Dua puluh diantaranya merupakan kawasan-kawasan perbatasan (Pidato Presiden di Hadapan DPD, Agustus 2005)

proporsi penduduk yang tinggal di perkotaan meningkat dari 35,9 persen di tahun 1995, menjadi 48,3 persen di tahun 2005 (BPS, 2005)

Data kemiskinan BKKBN tahun 1998 sebesar 17,17 persen dari total keluarga. Angka ini meningkat menjadi 27,99 persen (1999), 30,78 persen (2000), 30,52 persen (2001), dan mencapai 31 persen pada tahun 2002 yang merupakan data terakhir. Adapun data BPS menurun dari 24,2 persen tahun 1998, 23,5 persen (1999), 19,4 persen (2000), dan terus menurun hingga mencapai 17,92 persen tahun 2003.

Data Bank Dunia yang disajikan dalam CGI Brief tahun 2003 menunjukkan bahwa pada tahun 2002 sebesar 7,4 persen penduduk berpendapatan sehari di bawah 1 dolar AS. Jika garis kemiskinan digeser ke atas menjadi 2 dolar AS per hari, jumlah penduduk miskin akan menjadi sebesar 53,4 persen.

Yah itulah sekilas pandang darii negara kita yang kita cinta ini....

Ada yang miris, tapi ada juga yang memberi sinyalemen positif..

Ini sebuah kerja besar..... Sebuah kerja yang tidak hanya membutuhkan SBY... Ini sebuah kerja yang membutuhkan dukungan setiap orang di Republik ini....

SELAMAT TAHUN BARU 2006.....

Semoga dapat memberikan harapan baru bagi bangsa ini untuk bangkit dari kondisi kelam 2005......

-Catur-

NB: Maaf gak dikasih hyper link menuju situsnya...soalny beberapa data gue ambil dari hard-data dari dokumen yang bertebaran di sekitar meja gue.....

Kalau ada data yang sekiranya perlu dikoreksi harap diinformasikan ke saya via kolom comment, terima kasih....

Comments:
  • wow..kesannya tulisan cuman dikit tapi pasti bikinnya lama ya om, soalnya perlu ngumpulin data banyak banyak.

    salut, ini data kevalidan bisa dijamin? saya pake deh buat sedikit berkoar koar!
    sad but also inspiring

    thanks!
    Posted by Anonymous mulia nurhasan @ 10:50 PM
     
  • heboh..banget ya datanya. Tapi bagus juga tur..kan buat refleksi negara kita
    Posted by Blogger anitarage @ 2:34 AM
     
  • wadow banyak bener datanya euy...
    happy new year yah :)
    Posted by Blogger nie @ 8:42 AM
     
  • iyah datanya lengkapppp... aduh memalukan itu... korupsinya 9,44/10... ckckckck... no wonder :D
    Posted by Blogger amellie @ 9:42 AM
     
  • I don't believe in statistic.
    Not that I don't use it, but we should see it further more, beyond those numbers :)

    anyway, great job to collect those info
    Posted by Blogger mellyana @ 5:52 PM
     
  • statistik tahun ini (2005) ..
    koq data2nya data tahun 2001..2004..etc..
    berasa kontra ama judulnya =)

    he..he..sori nya tuy klo urang sok tahu =P
    anak FA tau apa sih ttg statistisk

    anyway
    nice job!
    Posted by Blogger arifin @ 4:01 PM
     
  • eeeuuu... agak sepakat dengan arifin...

    Data2 dan peringkat2 yang disajikan ternyata rentangnya ada yang dari tahun 1998 segala (untuk yang pendidikan gitu??).
    Plus lain2nya, juga ada yang 2002 dsb.

    kayanya mending data2 yang belom diupdate ga usah dimasukin tuy, ato diberi penjelasan gimana kita harus ngeliatnya. Pasca kenaikan SBY jadi RI 1 dan kenaikan BBM kemaren, gw rasa situasi udah banyak berubah (termasuk statistiknya), ga tau ke arah lebih baik ato buruk. tapi penempatan data tahun 2002 utk konteks dinamika negara yang begitu cepat seperti kita, kayanya malah berpotensi menyesatkan. Lu tau sendiri bagemana proses planning bisa sesat karena terlalu statistic-based.

    Setuju ama yang ngomong "look beyond the numbers..."  
  • Terima kasih atas komentarnya...
    Sebenarnya pengennya sih nampilin data 2005 atau minimal 2004 lah (karena biasanya data 2005 belum di update)...
    Tapi ada beberapa data tercecer yang sayang kalu gak dikasih unjuk, walau itu udah gak up to date..yah itung2 buat FYI aja deh...
    Buat mbak melly sama awan.. ya iya lah gak bisa liat data secara bulet... Namanya juga statistik... itu kan alat bantu doank..bukan dewa.. tapi makasih buat diingetin..
    Postingan ini cuma mau memberikan info aja mengenai posisi Indonesia pada isu ekonomi, kesejahteraan, kemiskinan sama kesenjangan... yah kalo dianggap gak valid, yah maklum lah catur kan buka BPS...
    Tapi terima kasih sekali lagi atas kritiknya..
    Buat awan ama ipin, datanya lumayan lagi buat poci-poci ala Adi Onggoboyo (if u know what i mean...)
    Posted by Blogger Catuy @ 8:01 PM
     
  • hemm...data2 statistiknya bagus. tapi apalah artinya data kalo tidak membuka wacana berpikir supaya menjadi lebih baik lagi :)(ciee..kata2nya..tapi bener kan :p)
    Posted by Blogger -cHie- @ 9:27 PM
     
  • hahaha..
    gak papa lagi, benar atau salah, membenarkan atau menyesatkan..buat gue sih statistical data di indonesia terlalu mencurigakan untuk dijadikan landasan bertindak (based on experience).
    Cuma untuk inspiring blogger bagus banget kok.
    well done!!
    Posted by Blogger Blogger admirer @ 2:21 AM
     
  • statistik tur. Bukan statistiC. Kecuali lo mo buat tulisan bahasa inggris. hehe...
    Posted by Blogger Fendrri @ 9:29 PM
     
What left From Banjarmasin
1. Pedagang Kelapas di atas klotok (sebutan untu perahu di Banjarmasin) di pasar terapung
2. Suasana PAsar Terapung
3.Kehidupan kaum pinggir Sungai Barito
4. Restoran Soto BAwah jembatan (SBJ)- tahu kan kenapa dia namanya Bawah Jembatan?? tapi asli enak banget nih restoran...Reccomended untuk berkunjung selain makan di Soto Yana yani...
5.Telor penyu di salah satu restoran Banjar yang ngetop-BUKANNYA INI BARANG LANGKA YA?????
6. Jangan Laju-laju, banyak orang jalan (pengumuman yang aneh)
7. LA Light menyerbu Banjarmasin....
8.MAsjid Noor..... (masjid yang ekstensif-lahan sempit berdiri ke atas..)
9. MAsjid Raya di sore hari....

Gue sebenarnya lagi bingung mau nulis apa soal perjalan gue ke banjarmasin...jadi mending gue liati fotonya aja sekalian... oh ya ini perjalanan pertama gue ke [pulau Kalimantan (FYI pulau selain jawa yang pernah gue datangi tuh cuma Bali dan Korea).....agak sedikit berkesan buat gue... Abis mroyek kedapetannya pulau Jawa Terus....
Gak ada yang terlalu istimewa dari kOta banjarmasin..abis kotanya kecil banget.... cuma yang gue heran yah..k0ta ini tukang ojeknya banyak banget....yah emang sih gak sebanyak Jakarta, tapi tiap jalan dipinggir jalan serasa selebritis..Ditepokin terus ama orang.. dipikir ada yang kenal sama gue...ternyata diajakin ngojek..Gak jadi GR deh gue...
Yang asik itu pas pagi-pagi gue bangun, keluar dari hotel untuk pergi ke pasar terapung.. Gue ditemenin sama tukang ojek sekaligus tour guide gue.... Pas ke dermaga, ternyata ditawain sewa perhahuny 70 rebu donk..GILA MAHAL BANGET!!!!! putus asa masa gak jadi ke pasar terapung, padahal kan belum tentu 10 tahun lagi gue kesini.....
Tapi gue pantang menyerah, bermodalkan niat dan guide berbahasa banjar gue mblusuk-blusuk ke perkampungan pinggir sungai dan menemukan Sewa perahu klotok hanya 20 ribu saja saudara-saudara.....jadi taktinya gitu ya buat kalian yang akan ke pasar terapung...
Satu lagi yang perlu gue informasikan...buat yang mau pulang dari Banjarmasin menuju Jakarta naek Lion (bukan bermaksud menjelekkan tapi FAKTA)..mending ke bandara bawa makanan yang banyak ama buku tebel..Soalnya gue delay 3 jam...gue sampe apal seluk-beluk boarding room di banjamasin... N berhubung cuaca yang tidak besahabat... Banjamasin-Jakarta serasa naek angkot di Ciledug...Very..very..bumpy.....
Nanti deh cerita lengkapnya, kalo gue niat untuk menulis gue tulis....sekarang mah semacam teasernya aja deh...
Hikmah yang gue dapet sebenarnya lumayan banyak..cuma karena gue lagi dikejar datelin jadi gak sempet di tulis... yang penting laporan singkatnya dulu kali....

-catur-
Comments:
  • Foto2nya kecil amat Tuy... gak puas liatnya... Walopun perjalanannya bentar (2 ato 3 hari sih?), tapi kayaknya seru juga. Belum berpengalaman sama penerbangan dalam negeri ya? Hehe.. harusnya tiap maskapai menuliskan, "Selamat jalan, semoga selamat sampai tujuan dan selamat bersabar"

    Selamat buat Catuy yang akhirnya bisa keluar dari Pulau Jawa! Gue nanti juga mo bikin postingan tentang Kalimantan ahh.. tapi yang pasti bukan kotanya, melainkan pedalamannya :D tunggu bulan April - Mei nanti (lama amat?? iya lah.. nunggu gue lulus dulu berangkatnya)

    Lama-lama ni komen jadi kayak e-mail.. panjang bener.. udahan ah :p
    Posted by Blogger Novasyurahati @ 8:18 PM
     
  • Jangan laju laju maksudnya jangan kenceng kenceng kalo bawa motor ato mobil...

    Banjarmasin, hmmm... Kotor abis yah... Wahhahahaha....
    Posted by Blogger rizli @ 1:50 PM
     
Refleksi 2005
Sunday, December 25, 2005

NGOMONGIN SOAL INDONESIA,…….

Postingan kali ini gue mau mencoba untuk konsisten dengan judul Blog gue... kemaren-kemaren gue terlalu banyak mengambil porsi Dialektika dan cinta.. sekarang gue mau menulis tentang politik…. Lebih tepatnya mau mrefleksikan peprolitikan 2005… tapi biar rada santaio bacanya, gue sekali lagi dengan berat hati akan mengangkat kisah tiga teman, JONI, JONO dan JOJON….. berkaca dari postingan yang lalu, banyak yang bertanya, siapakah gue dalam cerita ini Joni?? Jono atau Jojon??? Yah gak usah dujawab kali… yang penting dibaca aja….

Joni : No’, tahun baruan mau kemana???

Jono : tahu, paling kayak tahun-tahun yang lalu...ngendon di depan TV nontonin acara tahun baruan yang keren-keren..emang lo ngapain??

Joni : kagak tahu, katanya sih keluarga besar gue mau tahun barengan baru di Bandung.. Mereka pada gak tahu apa..Bandung macetnya kaya apa.... makanya sebenernya gue males...kalo elo ngapain Jo???

Jojon : gue ngapain ya...???? gak ada rencana sih..palingan di rumah browsing2 berita.. gue lagi pengen kliping soal apa yang terjadi di 2005 nih...

Jono : hah...serius amat lo.. kan udah ada kaleidoskop di koran-koran, tuh...

Jojon : yah itu dia yang gue kumpulin tau....

Joni : hobi yang aneh, mendingan kaya Jono tuh hobi ngumpulin Kartun panji koming

Jono : eh iklan panji koming tuh keren tau... memotret kondisi based on karikatur,.

Joni : iya deh keren..percaya..percaya,....

Jojon : tapi emang tahun 2005 ini menarik banget lagi man.... Tahun ini tahun awal pemerintahan Presiden Indonesia yang pertama dipilih langsung ceunah....

Joni : iya sih tapi ternyata gak sebaik yang diharapkan ya....

Jono : Maksud lo??????

Joni : yah ternyata pencapaiannya biasa aja, kalo gak mau dibilang gak OK... kalau untuk bidang sosial Politik dan hankam boleh lah... keren... pencapaiannya lebih baik dibanding ibu mega...tapi soal Kesra ama Ekonomi duh gak banget deh....

Jono : WAH JANGAN GITU LO MEN.... GUE NYOBLOS SBY PAS PEMILU KEMAREN!!!! Dia kan baru awal jadi presiden.. yah wajar kali kalo pencapaiannya gak sebanding...apalagi wakil presidennya suka sok penting gitu..mentang-mentang orang Golkar...Belagu amat...

Joni : sabar dulu men.... gue tahu lo kader SBY, tapi bentar dulu donk... gue jelasin dulu nih....

Jojon : iya donk bentar dulu, ini kan diskusi...

Jono : OK deh....sok mangga silahkan...

Joni : untuk masalah kesra jelas man... biarpun memang permasalahan datang karena kuasa Tuhan.. tapi penanganan yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan ternyata gak Se OK yang diharapkan. Setahun Tsunami ternyata proses recovery di Aceh belum sebaik yang diperkirakan.. Masih banyak pengungsi yang belum mendapatkan rumah. Tagert sejuta rumah di Aceh untuk tahun ini juga belum berjalan dengan baik kan… Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) yang dibentuk masih berkutat dengan pencairan dana dari DPR yang masih terhambat… itu baru satu isu, belum lagi kita lihat Busung Lapar yang terjadi. Boleh lah dia bilang itu warisan dari pemerintahan sebelumnya..tapi kalo Hari gini masih ada busung lapar, yah berarti ada yang salah donk dengan peningkatan Gizi masyarakat...

Jono : Ok terus???

Joni : gue paling terganggu sama kebijakan mengucurkan BLT paska kenaikan BBM... emang sih dia sudah siap mengucurkan dana BLT untuk 18 juta KK, dengan asumsi orang miskin (versi BPS) ada 15 juta KK (15 juta x 4 = 60 juta jiwa) dan ditambah dengan cadangan sebanyak 3 juta KK lah buat cadangan.. Kenyatannya??? Pendataan yang kaclut malah bikin kekacauan pemberian dana dan banyak yang salah sasaran. Tapi menurut gue permasalahan yang paling mendasar bukan pada pemberian yang salah sasaran dan data yang kaclut..tapi konsep BLT merusak tatanan sosial masyarakat Indonesia. Kan jadinya pada saling iri... Kalo kata Om Fukuyama atau Om Putnam mah merusak Social capital yang ada di masyarakat Indonesia... Masa ada lurah yang dibunuh gara-gara uang 300 ribu...gila gak...jadi kalo pemerintah bilang solusinya adalah pendataan yang lebih tepat..gue gak setuju banget... BLT telah merusak tatanan sosial masyarakat Indonesia dan meninggalkan sebuah luka di hati masyarakat...Gue kemaren ada tugas kantor ke daerah ya. Yang gue denger itu orang pada tidak puas dengan program BLT karena memperkeruh suasana kekeluargaan, terutama di perdesaan....

Jojon : Tapi kalo kita berbicara sektor kesehatan kayanya cukup tanggap tuh pemerintah mengatasi permasalahan yang ada...

Joni : iya tanggap, Cuma gak solutif.......... Penanganan yang parsial antar sektor malah bikin rusak semua.. liat aja pas kasus Busung lapar tengah tahun yang lalu. Si IBU Menteri kesehatan itu malah sibuk nyalahin pemerintah daerah, pas dikrtiik, dia malah nge les.... pas penanganan Flu burung juga, kayanya Pertanian sama Kesehatan gak akur banget dan punya solusinya masing-masing yang akhirnya gak menyelesaikan permasalahan. Malah terkesan pemerintah panik banget..lah kalo pemerintah aja panik terus gimana masyarakat diharapkan tenang...

Jono : Ok, lah gue akuin lah based on fakta yang lo sebutin emang sih kinerjanya kurang memuaskan.... tapi itu kan karena emang pemerintahan ini di timpa berbagai persoalan yang rumit dan lo harus akuin ini permaslaahan yang mungkin di tahun-tahun yang lalu gak ada..

Joni : iya gue sepakat sama elo di situ.. kalo pemerintahan Megawati yang menghadapi persoalan kaya gini. Gue jamin pada typus kali menterinya...udah typus gak menyelesaikan persoalan lagi. Tapi itu juga bukan alasan man....masa ada atlet kalah bertanding, terus bilang yah abisnya udah nasib sih.....

Jojon : sektor ekonomi dulu deh ceritain....

Joni : lo mau ngomong dari sisi apa??? Indikator makro ekonomi atau mikro.... Kalau dari makro, wah ancur-ancuran.... Tahun ini, tingkat inflasi kita mengalami rekor terbesar sepanjang sejarah sampe 8% man...Pemerintahan yang lalu yang gue bilang kaclut aja gak sampe segitunya... Kalo kata artikelnya Bang Faisal basri Berdasarkan publikasi World Economic Forum (WEF) terbaru, urutan daya saing Indonesia merosot dari posisi ke-69 tahun 2004 menjadi ke-74 pada tahun ini. Belum lagi ditambah harga dolar yang sempet terjun bebas ke angka 11 ribu, yang bikin BI terpaksa melepas cadangan devisa... walau akhirnya sekarang udah balik ke 9000an itu bukan karena intervensi ekonomi, tapi lebih disebabkan intervensi politis via reshuffle...(www.kompas.com)

Jono : wah lo gak adil man..itu kan ada pengaruh intervensi luar seperti harga minyak dunia yang menggila

Joni : makanya kita harus rada bersyukur sama badai katrina di AS, jadi Pemerintah Preman dunia GWB (George W BUSH) itu melepas cadangan minyaknya dan buat harga minyak jadi agak terkendali... tapi sekali lagi itu bukan alasan. Kalo kita lihat di negara lain, pemerintahnya masih bisa mengendalikan permasalahan ini kok..

Jono : yah itu dia makanya harga minyak kita dinaikkan, untuk ngatasi persoalan seperti itu kan???

Joni : alasan klise dari pemerintah banget.. kenaikan BBM bukan solusi ampuh tanpa dibarengi dengan solusi-solusi lain... tahu gak, sekarang minyak bumi Indonesia itu nyaris 30% diselundupin keluar sama orang pertaminja sendiri... kenapa gak orang-orang itu di tahan dulu baru naikkan Harga BBM... Pemerintah belum mampu menunjukkan peghargaan yang cukup buat rakyatnya sehingga masyarakat merasa pantas menerima kenaikkan harga BBM... belum ada usaha kongkrit menaikkan tingkat kesejahteraan masyarakat, eh BBM dinaikkan.. itu namanya nambahin orang miskin di Indonesia.....yang paling bikin BT itu kebijakan impor beras dari luar wah itu sebuah kebijakan yang tidak memihak orang desa... padahal revitalisasi perdesaan itu salah satu program unggulan SBY lho.... bukannya merevitalisasi malah membunuh pertanian... padahal kan kondisi pertanian udah babak belur , pangsa tenaga kerja di perdesaan pada sektor pertanian mencapai 67,7 persen. Padahal secara nasional, meski sektor pertanian menampung 46,3 persen dari 90,8 juta penduduk yang bekerja, sumbangannya dalam pembentukan PDB hanya 15,0 persen. and u know what..data yang bilang bahwa jumlah beras yang diproduksi tidak mencukupi untuk konsumsi tahun ini dan jadi dasar kebijakan impor beras itu adalah DATA TAHUN LALU YANG UDAH BASI

Jono : tapi kita harus akuin juga don k prestasi pemerintah di bidang SOSPOLHANKAM.. Sejak jaman dulu, baru sekarang ada perdamaian di Aceh.. terus terungkapnya kasus teroris DR Azhari juga satu prestasi lgai... terus dibukanya kembali kerjasama militer dengan Amerika itu sesuatu yang tidak bisa dilakukan di masa lalu kan.. Ditambah kesuksesan kita menyelenggarakan KAA ke 2 yang seakan menjadi tonggak kembali kebangkitan kekuatan ketiga Asia-Afrika diluar AS dan Uni Eropa...

Joni : kalo soal itu gue nyerah deh...emang sih bagus kinerjanya.. walu masih menyisakan PR besar di bidang hukum seperti penegakan hukum atas kasus Korupsi dan penyelesaiana kasus munir

Jojon : Yah itu kalo kita berbicara pemerintahan ya...ada lagi aspek politik di Indonesia yang menarik untuk diangkat lho..

Joni : apaan jo...

Jojon : ada dua fenomena menarik tahun ini... Pilkada sama Konflik internal partai politik..

Jono : gimana tuh brur

Jojon : Pertama Pilkada.. itu kan sebuah proses demokratisasi pertama di tingkat daerah di Indonesia... di luar dugaan orang, ternyata animo masyarakat untuk memilih gak heboh2 banget... tingkat Golputnya ternyata tinggi tuh (kalo kata sebuah lembaga survei)... Memang sih ada beberapa daerah yang telah berhasil menyelesaikan Pilkada dengan sukses, dengan artian tidak ada konflik baik elite maupun masyarakat.. tapi seperti telah dicurigai ternyata Pilkada banyak menghasilkan kasus yang tidak terselesaikan... seperti Money politic, konflik elite.. yang terakhir yah Kasus Depok itu... sampe jadi sorotan nasional.. Orang mungkin lihat itu sebagai konflik lokal. Tapi kalo ditinjau lebih dalam, efek dari kasus Depok itu sampai ke tataran elite politik nasional lho.... Sampe ada ketegangan antara DPP Golkar dan DPP PKS kan tuh...

Joni : kalo konflik elite partai???

Jojon : gue sudah memperkirakan tahun ini bakal banyak konflik elite soalnya tahun ini adalah tahun suksesi DPP. Dimulainya sih akhir tahun kemaren pas PDI-P ama Golkar mengalami proses suksei, tanda-tandanya sudah mulai tampak.. PBR sama PKB ternyata juga ngikutin, sampe ada dua kepemimpinan segala.. PAN walau dibilang relatif lancar, ternyat pada saat proses pemilihan meninggalkan rivalitas antar elitenya, sama kaya Partai Demokrat... PDI-P juga sampe bikin partai baru.... Yang dibilang relatif lancar yah Cuma PBB sama PKS lah.. kalo Gokar sih karena mereka partai yang sudah mapan, jadi konflik internal relatif bisa diredam lah... tapi akhir tahun ini kan sudah mulai banyak yang baikan tuh... kayanya untuk skala partai politik relatif tidak akan ada peristiwa yang cukup menyedot perhatian ... semua akan sibuk berkonsolidasi untuk 2009....

Jono : yah mudah-mudahan aja tahun ini bakalan lebih baik dari tahun lalu.. kemaren gue baca yah Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memperkirakan, angka pengangguran terbuka jauh tahun 2006 di atas prediksi pemerintah yang hanya 9,64 juta orang. LIPI memperkirakan angka pengangguran 12,151 juta orang, sedangkan Indef memperkirakan 12 juta hingga 12,6 juta orang (www.kompas.com) . jadi permasalahan kayanya bakal lebih berat... Inflasi juga musti dikendalikan untuk menekan gejolak ekonomi yang semakin liar. Kalo data BPS kemaren kan bilangnya Jumlah penduduk miskin di perdesaan pada tahun 2004 mencapai 24,6 juta jiwa, jauh lebih tinggi daripada di perkotaan, yaitu 11,5 juta jiwa... mudah-mudahan aja sih angka itu dapat ditekan.....

Jojon : terus kira-kira solusinya apa yah buat 2006???

Joni : tar dulu man... bagian solusinya kita omongin tahun depan aja pas tahun 2006... sekarang kan masih tahun 2005.. nanti dah kita ngobrol lagi ngomongin soal solusi

Jono : Ok deh.....tapi serius lho ya...tahun depan kita ngobrolin solusi...


NB : maaf tidak bisa ngasi link untuk info dan datanya...soalnya males buka internetnya
Comments:
  • waw.. dgn baca posting ini, aku jd tau lebih byk ttg SBY hehe.. selama ini baru "luar2nya" aja..
    Posted by Blogger amellie @ 7:44 AM
     
  • inflasi udah nembus 15% kok,.... itu dua bulan yang lalu kayaknya,.. akhir tahun mungkin 17-18%
    bukan begitu?
    Posted by Blogger dwiAgus @ 7:02 PM
     
  • Indonesiana..indonesiana - dari dulu memang banyak bikin anak bangsa ini jadi mengurut dada..apalagi kita-kita yang sedang "nyangsang" dirantau.. mudah2an deh tahun 2006 ini bisa pulih dan bener-bener pulih.

    Salam hangat dari afrika barat..
    Posted by Blogger Luigi @ 10:36 AM
     
Dedicated to the 1000
Tuesday, December 20, 2005

BUAT PENGUNJUNG YANG KE 1000

Tulisan ini saya dedikasikan buat pengunjung BLOG saya yang ke 1000

Gak kerasa..semenjak counter blog ini dipasang (bukan semenjak Blog ini di buat)..saya udah dapat kunjungan sekitar 1000… walaupun sebanyak 300an itu saya yang buka sendiri, ketika proses posting dan edit templet saya lakukan.. tapi lumayan lah.. bukan berarti saya punya banyak penggemar… Cuma ada beberapa orang yang rajin membuka Blog saya…

Tidak terasa sudah banyak hinaan, cacian, pujian, fitnahan yang masuk ke BLOG saya, terkait dengan postingan-postingan saya…Postingan yang bermacam-maca mulai dari soal Perpolitikan Indonesia sampai soal definisi KACLUT!!!!!!!!. Keliatan tercampur dan mungkin sedikit annoying buat yang membaca melihat lompatan-lompatan perspektif secara simultan dari pemikiran saya… Pengennya bikin beberapa BLOG sih; Blog Politik, Blog Movie-reflection dan BLOG miscellaneous.. tapi daripada hiatus semua..mending di campur-campur aja…….

PEningkatan signifikan terhadap jumlah pengunjung diakibatkan intensitas pekerjaan yang semakin merendah di akhir tahun, yang jelas saja membuat gue (keluar juga kata GUEnya) sering BLOOGWALKING (istilah yang baru gue kenal 2 bulan terakhir) da mengunjungi blog orang….walau udah punya BLog dari februari..tapi emang BLOG ini baru gue kotak-katik 3 bulan terakhir lah (seiring pula dengan kejenuhan atas rutinitas sehari-hari).. soalnya gue seneng nulis Cuma males ngoprek-ngoprek BLOG…. Jadi optimalisasi BLOG baru terjadi 3 bulan ini lah….

Menjadi penikmat tulisan orang adalah salah satu alasan gue melakukan Blogwalking…ternyata banyak orang Indonesia yang punya bakat menulis, walau di sisi lain tidak memiliki akses internet seperti layaknya BLOGGER. Tapi satu fenomena yang gue lihat adalah BLOG bukan hanya memaksa orang Indonesia untuk mempunyai blog sebagai sebuah trend seperti frenster (KALO ROY SURYO BERPENDAPAT BLOG ITU CUMA TREND).. bagi gue BLOG bukan hanya trend saja kok… BLOG memaksa orang Indonesia (yang budaya literernya rendah) untuk menulis… Ada yang menulis perpolitikan atau soal manajemen (kaya Hermawan KErtajaya), sampe ada yang menulis soal kehidupan sehari-hari…. Mungkin bukan sebuah hal yang luar biasa apabila kemudian akan bermunculan penulis-penulis akibat adanya teknologi BLOG….

Oh ya lupa, tulisan ini saya persembahkan buat Pengunjung ke 1000 dari BLOG ini.. bukan maksud untuk mengecilkan pengunjung ke 999 atau ke 1001, tapi saya sudah terlanjur untuk mengangkat profile sang pengunjung ke 1000.

Jadi yang pengunjung ke 1000 BLOG ini namanya Amorita Kurnia Dewi.. mahasiswi ITB angkatan 2000 jurusan Informatika (yang tentunya sudah sangat menguasai jagad perkomputeran…. Walau saya dan dia berada dalam satu kampus dan satu angkatan, tapi saya belum pernah kenal sama dia sebelumnya selain via BLOG… Saya dan Ita (panggilan singkatnya) sering saling mengunjungi BLOG untuk memuji tulisan masing-masing, mengomentari tulisan masing-masing sampe MENGHUJAT KEGEMARAN ITA AKAN DUREN (BTW saya gak suka duren)… seringnya sih sepet-sepetan di Shoutbox…

Tapi saya pribadi penggemar postingannya ita.. ada postingannya yang bikin saya tertawa terbahak-bahak.. tapi ada postingannya yang bikin saya merenung... walau dia anak IF, blognya tetap dibikin sederhan mungkin... Nih anak juga suka HIATUS, tapi Cuma bisa tahan 5 hari doank.... emang HIATUS GAK SERIUS ......

Mau tahu apa yang gue tulis di testimonynya di FS (http://www.friendster.com/user.php?uid=17684602) .

Ta..dibilangin kok susah.Durian itu gak enak.udah bukanya susah, MAHAL eh didalemnya cuma suwir-suwir gak jelas..enakan juga pisang: gampang dibuka, dagingnya jelas...iya gak??duren itu buah individualis..gak bisa (atau gak mau) dibagi-bagi..
Ita itu narsis... (masa dia bilang hebat kaya aku, eh salah GW)..menggunakan gue sebagai media untuk narsis.padahal kan gue gak hebat, tpi LUAR BIASA (gue narsis, tapi gak sombong)..
Satu angkatan tapi gak kenal ya,beru ngeh ketika berinteraksi di dunia maya..ada to mahluk kaya gini di ITB..
1. Kalo posting Blog dirapel..
2. Gaya nulisnya lucu (kadang bisa bikin ketawa, kadang bisa bikin terdiam)
3. kayanya melankolis mbak??
4. Orang muslimah-jawa dengan pemikiran yang progresif..
5.BAd reader-banyak buku cuma gak dibaca(sama donk)
Bagaimana gue tahu smua itu?? dari bca BLOGNYA..jadi tingkat akurasinya rendah (dibawah 30 %)
kalo Hiatus,rada lamaan dikit ya mbak??(gak kuat ya??)
baru tahu situ pernah jadi TOMI (TIM OLIMPIADE MATEMATIKA INDONESIA) ..Kok gak ada tampang (becanda)

Yah itulah sekilas soal pengunjung BLOG saya yang ke 1000.... tulisan ini didekasikan untuk pengunjung BLOG yang ke 1000... buat pengunjung yang 2000 nanti juga lapor ke saya ya.. kalau mau dibikin postingan soal

Buat yang lain jangan merasa terganggu..kalian Cuma tidak cukup sabar untuk mencapai angka 1000..

TERIMA KASIH buat semua orang yang membaca tulisan saya. Apresiasi terhadap tulisan saya lebih berarti dibanding angka counter...

TERIMA KASIH SEKALI LAGI ...

TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA....

-Catur-
nb : Oh ya diatas ada barang bukti yang dikirim sama Ita bahwa dia adalah pengunjung ke 1000... OTENTIK deh.....



Comments:
  • wah jadi inget pas awal2 ngeblog... seneng banget pas netstat kita nyampe ke-1000 orang.. hhihhihihi....
    vi3 jadi orang ke brapa neh?
    Posted by Anonymous vi3 @ 12:39 AM
     
  • oh... dirikuh yang 1072 *cengengesan ga penting*.
    aku ko ta punya hit counter ya? *merasa bodoh*
    ta apa. selama masih ada komen, berarti masi ada pengunjung...

    :D
    Posted by Anonymous puty @ 2:26 AM
     
  • waah samaa saya juga gak suka DUREN...selamet buat ita ngomong2 ita dikasih bingkisan gak tuh? secara ke-1000 gitu looh KUDU !!
    Posted by Anonymous iks @ 2:45 AM
     
  • Hiks..hiks..kapan yah, netstat gw bisa nyampe 1000, mampir2lah sometimes, itung2 bantuin temans, hehehe..
    Posted by Blogger ishtar @ 6:44 PM
     
  • Hiks..hiks.. kapan yah, bisa ngalamin netstat 1000, kepengen!!!mampir2 yah ke blog gw, itung2 bantuin temans, hehehe..
    Posted by Blogger ishtar @ 6:45 PM
     
  • wah... selamat ya, buat pengunjung blog-nya catur yang ke-1000. dikasih hadiah tulisan lagi :D
    ntar aku coba jadi pengunjung ke-2000 deh :D moga2 aja ntar dikasih hadiah duren!!!  
  • hahahah..situ ikutX2an tren ya.mengomentari roy suryo..hahahahha

    okeh..selamat hari ibu ;)
    Posted by Blogger benx @ 4:24 AM
     
  • alhamdulillah.. berarti mulai banyak temen yang namanya maya neeh (apa sih?? :D) Iya, dulu juga aku gitu, pas awal2 ngeblog rajiiin banget jalan2 biar dikunjungin balik.. Keep da' spiritz bro'.
    Posted by Blogger yentri @ 6:15 AM
     
  • wah selamat yah :) keep writing!
    Posted by Blogger amellie @ 2:39 PM
     
Obral-Obrol Alumni Muda
Monday, December 19, 2005

SEPUTARAN OBROLAN ALUMNI MUDA

Tulisan ini bener-bener FIKTIF….. secara orang maupun statement… tapi topic seputaran yang dibicarakan mudah-mudahan bisa merepresentasikan kejadian nyata sih.. Cuma emang, biar kelihatan lebih seru agak dibuat hiperbolik lah… biar apa?? Biar lucu kali (kalau lucu)…

JAdi kalo ada yang percaya bahwa obrolan ini benar2 terjadi dan berniat menghujat saya, ya silahkan aja..wong ini juga ngarang…

Ide utama dan ide pendukung (alah kok jadi pelajaran bahasa gini), bener kejadian… Tulisan ini terinspirasi dari obrolan gue dengan beberapa temen gue weekend kemaren pada kumpul2 and reunian Gelap….. jadi ternyata yah setelah mengamati ke beberapa lingkaran obrolan dan berpuluh-puluh pembicaraan yang gue lakukan dengan temen-temen gue yang tegolong alumni muda (< href="file:///%5C%5C5">5 tahun lulus atau belum menikah), ternyata obrolan itu selalu berputar di beberapa topic …. Gue mau ilustrasikan dalam obrolan dengan tokoh fiktif tentunya (untuk melindungi beberapa kawan).. ada tiga tokoh (Joni, Jono, Jojon) yang satu angkatan dan satu jurusan

1. Soal kerjaan

Joni : Lo kerja di mana sekarang no ??

Jono : yah h masih mroyek2 lah.... sambil terus mencari

Joni : kalo elo jon…masih di tempat yang dulu???

Jojon : masih donk, gw betah men di sini...

Joni : lah kemaren katanya dapet panggilan di ???? (menyebut salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia yang ngeluarin motor Honda) diterima gak??

Jojon : wah untungnya gue ditolak... gue udah bingung2 banget padahal.... abis gue betah di tempat kerja yang sekarang

Jono : kok gitu sih lo... tahu gak sekarang kerjaan susah tau... gue aja belum dapet2 panggilan.. gue pengen banget cabut dari kerjaan gue yang sekarang...

Joni : yah keliatan sih dari muka lo.. keliatannya gak betah

Jono : emang muka gue kaya apa....?????

Joni : muka lo muka anak xxx(menyebut nama Institut Negeri di Bandung) banget.. Muka gak puas... Banyak kerjaan-gaji kurang

Jono : sialan lo... abis kayanya gue mau pindah ke kerjaaan yang biasa kaya di Bank atau di perusahaan MC atau apa kek.

Jojon : ah standar banget sih lo... kaya anak ITB kebanyakan (gue males bikin xxx lagi) .. IP bagus-lulus cepet-kerja di MNC-gaji gede-istri cantik-kaya-mati...

Jono : lah elo juga bukannya kerja di perusahaan yang gak sesuai sama lapangan kerja lo??

Jojon : kalo gue beda.. gue senenng sama kerjaannya bukan tempatnya..makanya gue kagak mau pindah...

Jono : (berusaha mengalihkan perhatian) kalo lo gimana joni...betah lo mroyek di instansi pemerintah??

Joni : ya gitu deh... kadang ada aja sih yang gak sesuai dengan idealisme secara prosedural... tapi kalo inti kerjaan mah gak masalah...

Jojon : mau lanjut lo jadi PNS???

Joni : kumaha engke lah (gimana nanti-in sundanesse)

Jono ; Tapi kan enak disana kerjaan dan jam kerjanya jelas..... Gak kaya gue...

Joni ; Pale lo enak...sama aja kali namanya kalo dikejar dateline..

Jono : Iya deh.....

2. Nanyain temen

Joni : eh kabarnya si Toni gimana??

Jono : S-2 di luar negeri

Joni : kalo tono

Jono : kerja di Bank

Joni : kalau Tomi?

Jono : Belum lulus...

Joni : Kalau tomo ?

Jono : udah merit dah mau punya anak...

Joni : kalau tina ?

Jono : Kan kawin sama tomo.......dia yang hamil

Joni : oh iya.. kalau tini ?

Jono : jadi PNS

Joni : (mulai keabisan nama) kalo.........kalau tino??

Jono : jadi juragan voucher se Bandung Raya...

Joni : (bener-bener keabisan nama) kalo agus ?????

Jono : emang ada agus di angkatan kita....???

Joni : gak ada ya...masa sih,,,,,

Jono : gak ada ah...

Joni : masa sih... YAKIN LO???

Jono : Yakin gue....

Joni : Yang anaknya tinggi gede item itu,..

Jono : Brur...gak ada temen angkatan kita yang kaya gitu..

Joni : oh iya ya....

Jono : IYAAAAAAAAAAAAAAAAA (mulai kesel)

Joni : oooo ...itu guru renang gue deh....

Jono : %$^%#%^#%^*#*#%&%%^$#$%#$%#&amp;#&^%#%&#

3. Soal Pernikahan

Jono : lo kapan mau kawin jon.....??

Jojon : Gue mah masih lama kali... calon aja belum ada..si joni tuh yang udah punya calon, denger-denger akan segera nikah nih...

Joni : iya sih, gue juga maunya cepet.. tapi..../????

Jono : tapi apa??? Belum mapan??

Joni : Gue mah udah siap...materi mah bukan ukuran kesiapan orang man.. kalau Besok kagak ujan, gue juga siap kalo nikah..

Jojon : lah calon lo emang udah siap???

Joni : Dia lagi... kalo ada penghulu mau lembur entar malem,juga dia siap kali nikah...

Jono : Buset dah!!!!!!! Emang lo udah siap ngempanin anak orang (gue jadi bingung ini orang sunda atau betawi??)

Joni : Nikah itu menyempurnakan setengah agama man... Rejeki mah pasti datang kepada hambanya yang berusaha... Yang penting kan bukan penghasilan tetap, tapi tetap berpenghasilan...

Jono : wah kalo gue mah masih mempersiapkan diri..

Joni : kelamaan, basi lo entar.. Lah kalo lo sendiri gimana jon

Jojon : gue mah santai aja man... kalo bisa dapet, ya nikah..kalo belum ketemu yah ditungguin.. Gue juga gak mau lama, Cuma gak sekarang...

Jono : sama aja donk...

Jojon : ya gak sama lah.. oRang gue jomblo gimana mau nikahnya...

Itulah tiga buah potongan dialog yang terjadi seputaran para alumni muda... terinspirasi dari obrolan di satu sore di selasar... topik pembicaraan diambil dari survey kepada berpuluh-puluh pembicaraan.. Cuma dalam postingan ini, DIALOG DILEBIH-LEBIHKAN!!!!!!!!!!!!!! Jadi gak semua ngomong kaya gini..Cuma topiknya pasti gak bakal jauh-jauh..

Ada yang punya ide lain soal topik?????? Kalo ada kali aja bisa gue bikin episode 2 nya...

-Catur-

yang lagi belajar bikin novel...

NB : KALO KATA ROY SURYO, isi BLOG itu harus DAPAT DIPERTANGGUNG JAWABKAN DAN BERMANFAAT... Kalau isi potingan ini jelas tidak dapat dipertanggungjawabkan, tapi saya selalu berharap itu bermanfaat.. jadi kalo Om ROY merasa keberatan dengan isi yang kurang dipertanggungjawabkan ini, silahkan tuntut saya
Comments:
  • Jd ini oleh2 lu dr bandung...lucu ceritanya bikin gw senyum2 sendiri
    Eh lu yg mana di cerita..joni,jono,jojon..atw tina..hi..hi.hi
    Posted by Blogger Li@ @ 5:50 PM
     
  • ahahahah... gue banget niih
    kerjaan banyak gaji kurang
    klo deadline
    lembur sampe subuuuhhh (smoga yg pertama dan terakhir, Amien)
    Posted by Anonymous amrita @ 2:01 AM
     
  • ahahahah.......
    gue banget neh, kerjaan banyak gaji kurang..
    kalo deadline lembur sampe subuh.
    (semoga yg pertama dan trakir)

    pengen kerja di bank ato multinational corporation. buat para HRD-nya tolong hubungi saya.  
  • untung gw belon jadi alumni secara gak lulus-lulus huhu...

    eh emang katanya anak2 ITB banyak yg kerja di bank secara kerjaannya ga berat gajinya gede, bener gituh? Trus kenapa yah bank-bank kok malah kebanyakan nyari anak teknik, secara mereka bukan akuntan ? menyerobot lahan orang :P
    Posted by Anonymous iks @ 2:43 AM
     
  • belom lulus nih
    bakal gitu engga ya ntarnya :p
    Posted by Blogger konnyaku @ 4:42 AM
     
  • hehe.. pertanyaanku sm kek lia.
    lam kenal. met gabung dg blogfam. acc membernya sdh diaktifkan. ditunggu sapa nya di perkenalan. :)
    Posted by Anonymous sa @ 12:02 PM
     
  • ini hanya sekedar menuliskan alamat blogku. mungkin tertinggal. maaf. tadi kecepetan. :)

    sketsahati.com
    Posted by Blogger sa @ 12:03 PM
     
  • Thanks yah sudah mampir, silahkan di link bebas2 ajah kok gak bakalan di tuntut..he.he..

    Wong ini blog pribadai, terserah kita kok mau ngomong apa, kok pak Suryo serasa polisi komputer ajah..he.he.
    Posted by Blogger Lili @ 4:30 PM
     
  • aku udah baca postingan ini?
    bagian mana yg lucu?
    kayanya ga ada yang lucu deh.  
  • Trus gmana kabarnya si Andi???
    Posted by Anonymous Ayu @ 5:54 PM
     
  • joni: elu
    jono: awan
    jojon:?

    Bener ga?
    Posted by Blogger sawung @ 7:29 AM
     
  • ha jadi itu tebak-tebakannya... gue yang mana ya??? JOni, jojon, atau Jono.....
    Gue tidak aka menjawab...karena itu rahasianya.,...
    Posted by Blogger Catuy @ 6:04 PM
     
  • Buat Sawung dan yang lain yang beranggapan sama... GUA BUKAN JONO !!! Itu satu kenyataan yang pasti !!! dan ga ada juga yang bilang gw ikutan di perbincangan ini dalam dunia nyatanya... (jadi ngapain gw perlu klarifikasi ya???)  
Review Postingan
Thursday, December 15, 2005
Gue baru sadar banyak postingan gue yang terkubur dibawah...yang sebenarnya bagus cuma mungkin gak sempet dibaca orang.... oleh karena itu gue mau review postingan gue yang lalu-lau.. kali aja ada yang mau baca iya gak??? eh ada yang bisa kasih masukan untuk bikin file archive based on kategori gak??? gue mau bikin kaya gitu cuma gak tau carany..leave your comment for any idea...oh iya akan lebih baik kalo dibuka pake firefox....

Refleksi Film
1. Belajar dari layar perak Episode 1-Janji Joni..Janji Palsu..
2. Belajar dari layar perak Episode 2-Dunia Gie
3.Belajar dari layar perak Episode 3- The Other SIde Of me
4.Belajar dari layar perak Episode 4- OLeh-oleh Dari Jiffest (1)
5. Belajar dari layar perak Episode 5-Oleh-oleh dari jiffest (2)

Politik
1. Edisi Politik_refleksi terhadap kepemimpinan PKS di Indonesia
2. SBY Vs ORang desa
3. Refleksi 6 tahun reformasi-Published in Pikiran Rakyat
5. Catatan awal DPR
6. Tolak KEnaikan BBM
7. Political Dimension in planning

CInta dan turunannya
1. Masih soal Cinta
2.Theme song of the month
3. Soal Kangen...Bukan Soal Cinta
4. DOa kepada Wanita di Seluruh DUnia

KEhidupan dan PErjalanan
1. KACLUT!! (yang terttinggal dari Kemahasiswaan)
2. Edisi Milad
3.Aku pasti nikah...Satu hari nanti...
4. The Rebel Melody
5. Cinta kedua...ketiga...keempat....kelima...(story about Bandung and Jogja)
6. Gila!!! Emang gila itu apa sih...
7. Gue Jomblo....EMANG KENAPA???
8. Renungan Mantan Aktivis
9.Generasi 0
10.Jakarta PAgi HAri
11. TEntang Ospek-Published in Pikiran Rakyat

Semoga re-porstingan ini bermanfaat buar kita semua
Comments:
  • Hwakz.. udah banyak amat postingannya..
    btw.. ide bagus juga..
    suka film yah? pgn bwt film ga? :)
    Posted by Blogger Erfi Lorraine @ 8:44 PM
     
  • duuuhhh...gak di review juga sy dah baca pak...//halagh..kerajinan amat niy gw hehehhe...
    hihihi...ampir smua pas tao blog ini..sebagian yg di review dah di bacaaa...hmmm ide bagus //gw ikutin deh


    //kok manggil gw mba //njengkang
    //njungkel...


    //duuuh udah tua yah gw //nangisssss
    Posted by Blogger friendship @ 11:57 PM
     
  • sekarang film.
    pura-pura ga tertarik sama teater.
    gue sumpahin kecanduan teater lu.
    Posted by Blogger sawung @ 8:58 AM
     
Belajar dari Layar Perak-(Episode V)-Oleh-Oleh Dari Jiffest (2)

THE FORGOTTEN WAR….

Semua orang tahu Perang Dunia ke 2…sebagaimana semua orang kenal dengan perang Vietnam (thank’s to Hollywood)…. Tapi gak semua orang tahu mengenai PErang Korea berlangsung dari 25 Juni 1950 sampai 27 Juli 1953, adalah sebuah konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan. Perang ini juga disebut perang proxy antara AS dan sekutu PBB-nya dan komunis RRC dan Uni Soviet(juga anggota PBB). Perang ini berakhir pada27 Juli 1953 saat AS, RRC, dan Korut menandatangani persetujuan gencatan senjata.Presiden Korsel , Syngman Rhee, menolak menandatanganinya namun berjanji menghormati kesepakatan gencatan senjata tersebut. Saat itu terlihat bahwa nasib sbeuah bangsa tidak ditentukan oleh Bangsa itu sendiri, melainkan oleh para “Big Player “ dalam konteks geopolitik dunia (dalam hal ini AS dan USSR)

Mungkin karena kedomestikan perang itu (hanya berlangsung antara dua buah negara dengan suku yang sama) dan tidak memakan korban ke wilayah negara lain yang menyebabkan perang itu terlupakan…. Tapi tentu saja bagi orang korea itu tidak akan terlupakan

Perang tersebut masih berlangsung sampai sekarang, ketika sampai detik ini Korea masih terbelah menjadi Korea Selatan dan Korea Utara.. PErang yang telah memisahkan dua buah Negara dengan satu ras, perang yang telah memisahkan keluarga hanya karena perbedaan ideology (atau dipaksa untuk memiliki ideology tertentu)[1]. Perang yang hingga 50 tahun masih menyisakan luka bagi para pelaku dan anak cucunya.
Film yang gue tonton di Jiffets pada hari selasa kemaren berlatar belakang soal ini judulnya “TAEGUKGI” (Brotherhood of war)… Garis besar ceritanya sih kaya ginia :

Ada dua orang kakak beradik yang namanya Jin-Tae dan Jin-seok. Jin-Tae bekerja sebagai penyemir sepatu, agar dapat mengirimkan adiknya, Jin-Seok, ke universitas. Ketika perang Korea dimulai, Jin-Seok ditugaskan (lebih tepatnya dirazia untuk dipaksa ikut wamil) sebagai prajurit. Jin-Tae terpaksa (lebih tepatnya terjebak karena gak sadar) bergabung dengan militer untuk menyelamatkan Jin-Seok. Dia mengikuti misi- misi berbahaya untuk memperoleh medali kehormatan, yang bisa menjamin pembebasan adiknya. Dia ikut misi masang ranjau di daerah lawan, maju sendirian menyerbu bunker musuh (jadi kebayang Sindrom Rambo-Ditembakin tapi gak kena-kena), sampe ngejar2 kapten musuh untuk ditangkep. Semua dilakukan untuk mendapatkan medali kehormatan (biar bisa mulangin adiknya ke kampong). Jin-Seok menafsirkan hal yang dilakukan Jin-Tae sebagai patriotisme dan obsesi atas ketenaran dan kemenangan. Sampai pada akhirnya yang timbul dari tindakan kakaknya adalah kebencian adiknya terhadap kakaknya yang dianggap “sok pahlawan”. Konflik demi konflik berkembang antara kedua kakak beradik ini (another family conflict movie). Pada satu titik, ketika mereka (secara tidak sengaja)balik ke kampung, Jin-Tae menemukan tunangannya dibunuh oleh kelompok anti komunis, karena dituduh sebagai seorang komunis. Kemudian mereka ditahan, hingga dia mengira Jin-seok sudah meninggal karena penjaranya dibakar (atas instruksi komandan polisi Korsel). Hal ini mengguncang jiwanya sehingga dari sosok yang benci komunis, dia menyebrang menjadi komanda unit yang sangat ditakuti dari pasukan komunis.. (like any other movie yang gak bikin aktor gantengya mati) Ternyata jin-seok masih hidup karena diselamatkan oleh mantan rekannya di tentara. Tapi dia sudah bersikap apatis terhadap kakaknya. Pada titik itulah dia menyadari bahwa kakaknya melakukan semuanya buat dia... Singkat cerita dia berusaha mengembalikan kakaknya ke Korea Selatan. Dan ditengah pertempuran ala Rambo (banyak peluru berseliweran, tapi aktor utama gak mati), terdapat sebuah adegan yang menunjukkan persaudaran dan keluarga. Tapi yah, film perang itu kan punya kecenderungan untuk gak happy ending, jadi deh Kakakya mati demi menyelamatkan adiknya.. TAMAT

In my poit of view..filmnya heroik, tragis tapi standar film perang lah ya... Gue melihat taegukgi sebagai ”Saving Private Ryan” wannabe. Keinginan untuk mempersonifikasikan film tersebut dengan film sejenis ”Saving Private Ryan”, ”Band of Brothers”, sampe Rambo walau sangat dihindari sekali oleh sang filmmaker, tetap sangat sulit untuk tidak nampak. Memang sih gak salah bikin film kaya gitu..mungkin ini jadi masukan juga buat para sineas Indonesia yang udah lama banget gak bikin film perang (perasaan film perang terkahir yang dibuat itu pasa jaman 80-an deh, pas Barry Prima lagi jaya-jayanya). Kali aja kalo bikin film dengan model kaya gini (walau dengan budget yang gila-gilaan), bisa bikin orang Indonesia suka dan nonton film ini (mengingat pencitraan yang sangat kuat di benak Orang Indonesia dengan film perang gaya Hollywood).

(standar pertanyaan TOEFL) what can be infered from the movie???? Yang jelas film ini menmpilkan peperangan sebagai sebuah sisi gelap sejarah dunia. Film ini (menurut gue) telah berhasil memunculkan sisi gelap kepahlawanan seorang. KEtika seseorang dianggap pahlawan bangsa, mungkin di sisi lain dia membunuh seorang prajurit tidak bersenjata yang sudah menyerah… Dengan tidak bermaksud menyinggung para pahlawan pendiri republic ini, kepahlawan dipersonifikasikan sebagai sebuah predikat yang disandang secara tidak sengaja. Karena pada awalnya dilakukan dengan tujuan untuk mengirim pulang adiknya ke kampung halaman..akan tetapi perjalanannya membuat dia menjadi sosok yang tidak disukai oleh adiknya.

Integritas seorang pahlawan diuji bukan saat dia sedang menuju kemenangan, melainkan pada saat dia diuji dengan sanjungan dan pujian yang datang.. Di sana lah kualitas seorang manusia teruji apakah dia benar-benar seorang pahlawan ataukan hanya selebritis yang hendak mencari publisitas dan ketenaran materialis. Pujian dan sanjungan dapat melenakan seorang pahlawan yang merupakan manusia yang luar biasa kembali menjadi manusia dengan kualitas yang biasa saja. Yang bisa hancur dan luluh oleh pujian dari sesama mahluk. Telah banyak jendral besar jatuh dan kalah karena tersanjung oleh kemenangan sesaat yang diraihnya…. Telah banyak orang gagal, bukan karena dia gak bisa tapi karena terbuai oleh yang namanya sebuah rayuan dan pujian belaka….

Yang menarik lagi dari film ini berasal dari pertanyaan temen gue yang nonton bareng sama gue “jadi menurut lo siapa yang salah?? Adenya yang terlalu sombong untuk ngakuin kakaknya melakukan ini untuk dia?? Atau kakaknya yang terlalu overprotektif??”. Sang sutradara dengan luar biasa membolak-balik persepsi kita mengenai siapa kah tokoh antagonis dari film ini…Apakah si (yang katanya Ganteng) Won Bin atau Jan Dong-Kun (yang katanya ganteng juga) yang menjadi penyebab segala kekacauan??? Tapi emang ada gunanya ya kalo dijawab…..

PErang dapat mengubah seseorang… “apakah ideologi begitu penting untuk membuat kita saling bunuh??”, itu salah satu dialog yang merefleksikan kemirisan sebuah perang saudara, dimana keluarga pun bisa saling menyerang…. PErang pula lah yang merubah setiap pemuda menjadi mesin pembunuh … mungkin pesannya sih gampang “STOP PEPERANGAN”……

For u who already watch this movie… setujukah anda dengan pendapat saya

For u who haven’t watch this movie, siap-siap ngeliat film perang sepanjang 140 menit. FILM FULL PERANG DENGAN BANYAK LEDAKAN+TEMBAK2AN dengan GAYA RAMBO…………………..Walau dianggap gagal untuk menggambarkan perangKorea yang sebenarnya, gue sih menikmati aja nonton film ini

Perang Korea telah memisahkan banyak keluarga di Korea, dan menjadi sebuah cambuk bagi warga Korea mengenai arti sebuah perang....

Tapi buat seluruh ummat manusia itu tetap sebuah perang domestik yang terlupakan...
The Forgotten War

-Catur-

Yang telat 10 menit pas nonton film ni (lumayanlah dibanding yang kemaren)

Sori tulisannya agak kurang fokus...lagi lieur (pusing-red), jadi agak susah mengumpulkan ide dalam sebuah tulisan.



[1] Untuk urusan perang saudara, AMerika Juga pernah mengalaminya karena masalah perbudakan. Jerman juga pernah dipisahkan antara Timur dan Barat..

Comments:
  • wah, kampring lu brur!!!

    kalo bikin resensi film jangan ceritain SEMUA jalan ceritanya dong!!!
    gw jadi ga minat nonton filmnya lagi tau!! gara2 lu nih!  
  • hwuahahaha!! sepakat ma awan.. lo bikin resensi kayak nulis ulang script.. nice thought though..
    Posted by Blogger Novasyurahati @ 8:24 PM
     
  • tuy, film ini ada di global TV 1/1/06. asyikkk jd gw bisa ikut nonton meski ga dtg ke JiFFest
    Posted by Blogger Li@ @ 5:32 PM
     
Belajar dari Layar Perak (Episode IV)-oleh-oleh dari Jiffest (1)
Sunday, December 11, 2005

LE GRAND VOYAGE : MENGGUGAH KEMANUSIAAN dan KEISLAMAN

“ Memang apa sih artinya Mekkah buat ayah?? Kenapa datang kesana menjadi sangat penting??”

“kamu jalan sejauh ini, dan baru tertarik sekarang??”

“Hmmm…”

“ Mekkah itu adalah tempat suci bagi umat Islam. Setiap tahun jutaan orang dari penjuru dunia datang kesana. Untuk mensucikan jiwanya (To Purify his soul). Setiap muslim diwajibkan untuk berkunjung kesana minimal sekali dalam hidupnya, jika mampu. Sebelum dia mati”

(dikutip secara bebas, maklum agak lupa dialognya)

Potongan dialog itu datang dari film Le Grand Voyage, film pembuka di Jiffest yang akhirnya berhasil[1] gue tonton. Film ini salah satu genre film terbaru paska 911, dimana dunia barat terlihat lebih tertarik untuk mengekspose dunia islam sebagai sebuah entry-point dalam mengupas tema-tema kehidupan. Karena gue pikir, tema-tema seperti ini bisa saja diungkap dalam gaya sekulerian khas barat, akan tetapi Islamicphobia yang diikuti oleh Islamic-euforia di kalangan masyarakat barat mendorong filmmaker menjadi lebih tertantang untuk mengupas kehidupan para muslim (seperti beberapa film di Jiffest yang mengangkat cerita kehidupan muslim di seluruh belahan dunia).

Tapi tenang aja , gue tidak akan membahas soal; genre2an film. Karena apapun genrenya, yang paling penting dari film itu adalah ketersampaian pesan yang ingin disampaikan oleh para filmmaker kepada penonton. Karena ada film yang OK technically, tapi sangat buruk dalam penyampaian ide walau tapi bisa menutup mata ada film yang pesannya sampai walau acting pemainnya atau tekniknya biasa aja (kaya Brownies misalnya)

Sebenarnya film ini ceritanya simple, mengenai generation gap yang terjadi antara ayah dan anak. Sebuah tema simple yang pernah diangkat dalam banyak film. Tapi tawaran baru dari film ini mungkin, film ini berlatar belakang kehidupan muslim di negeri eropa ( seperti yang udah gue ceritain tadi). Film ini bercerita mengenai seorang ayah (yang ampe akhir film kagak pernah tahu namanya siapa) yang merasa ajalnya sudah dekat dan berkeinginan untuk naik haji ke mekkah. Dia meminta anaknya yang namanya Reda, yang tumbuh dalam lingkungan sekuler dan tidak mengenal islam, untuk mengantarnya ke Mekkah melalui jalan darat dari Prancis-Italia-Slovenia-Kroasia-Yugoslavia-Turki-Syria-Jordan-Arab Saudi (yang digambarkan sejauh 3000 mil) dengan mobil Peugeot yang pintunya warna –warni (tentu karena ini film Prancis gak mungkin pake Toyota). Selama perjalanan tersebut, seringkali terjadi pertentangan antara keduanya. Mulai dari kelakuan anaknya yang foto2 sepanjang jalan (“ini bukan liburan” kata bapaknya), anaknya telpon2an via HP sama pacarnya (yang bule dan non-muslim), bapaknya yang buang HP anaknya, sampe urusan milih belok kanan atau kiri. Sutradara Ismaël Ferroukhi menggambarkan jurang perbedaan di antara keduanya yang hampir tak terjembatani dengan sederhana, tetapi indah saat mereka berdua makan malam di atas tikar di tepi jalan. Selama beberapa menit kamera hanya diam menyorot mereka berdua yang sedang makan dalam kesunyian, tidak saling bicara, bahkan tidak berhadapan satu sama lain (kompas, 11 Desember 2005).

Semua tersebut menyebabkan perjalanan penuh ketidakpahaman yang terjadi akibat paradigma generasi yang berbeda. Pada akhirnya (like other movies yang bertema sama) bapak-anak tersebut dapat mengerti satu sama lain, indikatornya adalah potongan dialog yang gue kutip diatas.

Film sepanjang kurang lebih 110 menit ini (dimana gue telat di 25 menit awal), menghentakkan kepada gue beberapa hal yang pengen gue share disini.

  1. Kesadaran sebagai manusia

Manusia hidup dari harapan-harapan… harapan yang menggerakkan manusia untuk terus bergerak dan ber-hidup untuk memenuhi harapan-harapan yang ada. Di film ini, harapan yang coba dimunculkan adalah harapan untuk sekedar sekali dalam hidupnya untuk mengnjungi Mekkah untuk naik haji. Harapan itulah yang membuat seseorang bergerak dari Prancis-Mekkah, Jakarta-Mekkah, Darfur-Mekkah, NY-Mekkah. Harapan untuk memenuhi kewajiban nomor lima dari Rukun Islam. Ok kalo kita pindahkan dalam konteks yang berbeda, ketika kita melihat mahasiswa melakukan manuver2 aneh untuk bisa lolos dari ujian dan TA, atau kita melihat seorang Ibu berjuang untuk melahirkan anaknya (yang gak tau di masa depan anak itu bakal jadi apa). Intinya bahwa manusia pada hakikatnya hidup berdasarkan harapan-harapan. Tanpa adanya harapan maka hidup menjadi sedikit GARING!!!!!!!!! Harapan disadari atau tidak menghasilkan energi aktivasi yang besar bagi manusia untuk bergerak

  1. Kesadaran akan proses dan perjuangan

NO PAIN…..NO GAIN!!!!!!!! (ceunah-katanya in sundanesse)… manusia tidak akan dapat mendapatkan harapan selama dia tidak berusaha…. You only get what u deserve.... Dalam film ini digambarkan sebuah usaha manusia untuk pergi ke Mekkah dengan penuh perjuangan (dengan menolak naik pesawat), agar perjalanan yang dilakukannya menjadi lebih bermakna. Pas anaknya nanya ke bapaknya alasan dia memilih naik mobil daripada pesawat (karena mereka sebenarnya mampu). Ayahnya menjawab ” ”Air laut menguap dan terangkat ke awan. Saat menguap, air itu kehilangan rasa pahitnya, dan menjadi murni dan segar kembali. Itulah sebabnya saat naik haji lebih baik berangkat jalan kaki daripada naik kuda, lebih baik naik kuda daripada naik mobil, lebih baik naik mobil daripada naik kapal, dan lebih baik naik kapal daripada naik pesawat.”

Jadi memang ada beberapa hal di dunia, yang akan terasa lebih indah kalau kita melaluinya dengan penuh usaha.. Bukan untuk sebuah hasil, tetapi untuk sebuah kepuasan (walau sebenarnya gue orang yang berorientasi pada hasil)... Tapi mungkin itu sebuah defence-mechanism, aja buat tidak merasa sedih ketika tidak mendapatkan hasil yang semestinya... Film ini menampilkannya dengan indah ketika sang ayah tidak bisa melanjutkan ibadah hajinya, karena .......... (tunggu sampe poin 4 baru gue kasih tahu kenapa)

  1. Kesadaran sebagai Muslim

Mungkin poin ini domain orang-orang Islam kali ya… Abis gimana donk,…. Di sana digambarkan seorang yang berusaha menyempurnakan agamanya melalui naik haji sebelum dia meninggal. Ketika sebagian besar dari kita mungkin melupakan kewajiban-kewajiban kita.... Yah ini menggugah keislaman gue aja...Gak tau musti berkomentar apa nih..Cuma merasa ini poin penting yang perlu di highlight, dimana sang anak menjadi sekuler memiliki seorang bapak yang komitmen dengan keislamannya (walau gue bingung kok bapaknya kelihatan cool2 aja ngeliat anaknyaàkecuali buang HP anaknya dianggap ketidaksukann terhadap kelakuan anaknya)

  1. Keindahan sebuah Terminologi Jihad.

Selama ini Jihad selalu diidentikkan dengan peperangan, Bahkan paska 911 Jihad diidentikkan dengan terorisme dan pembunuhan terhadap orang lain.. ini hanyalah salah satu spectrum dari Jihad yang dikenal dari Islam..masih ada spectrum-spektrum lain yang layak dikemukakan dan diperkenalkan. Spectrum yang diperkenalkan di film ini adalah kematian sang ayah di Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Jihad pada dasarnya adalah sebuah usaha yang diperuntukkan untuk mencari keridhoan Allah, dan kematian yang diakibatkan oleh tindakan itu bisa dikategorikan sebagai Syahid…. Maka kematian sang ayah (yang dimainkan dengan luar biasa oleh Mohammed Majd) merupakan ekspresi Jihad bentuk lain yang coba dikemukakan kepada dunia Barat yang menganggap Jihad adalah milik para TERORIS saja … Gak heran juga di akhir film, penonton satu studio GBB terdiam melihat kesedihan yang ditunjukkan oleh Reda (acting yang OK dari Nicolas Cazalé) membuat penonton menarik napas sejenak untuk sekedar merasakan kesedihan sang anak yang menemukan ayahnya di Ruang mayat…

Sebagai penutup, gue mau memuji film ini sebagai salah satu film yang luar biasa. Cerita dengan karakter dan ide yang kuat menutupi kekurangan di sana-sini. Penonton diajak untuk emosi, ketawa dan merenung pada saat bersamaan... Buat yang gak nonton, mungkin harus mulai cari DVD bajakannya di Dalem Kaum (buat orang Bandung). Sebuah film terpuji, dengan tema yang mungkin biasa dengan cara penyampaian yang luar biasa...

-Catur-



[1] BErhasil disini berarti berhasil masuk dan duduk di GBB Taman SImali Marzuki dengan penuh perjuangan yang amat berat (pernah nonton janji joni kan?? Bayangin aja sendiri)

Comments:
  • waahh.. keren tuy!! pengen nonton juga jadinyah.. tapi kok lo nyaranin beli DVD bajakannya sih?? gak menghargai hasil karya niii!!
    Posted by Blogger Novasyurahati @ 8:00 PM
     
  • hmmm... mengingatkan gw akan 2 buah buku... pertama, misteri soliternya joostein gaarder, dimana si bapa lebih memilih mobil peugeot untuk bersama anaknya mencari ibunya menyeberangi eropa,padahal mereka mampu pakai pesawat...supaya ada pengalaman, dan karena si bapak ingin mengajarkan anaknya filsafat.

    kedua, Road to Mecca-nya Muhammad Assad, volume 1 dan 2... bahwa yang paling penting bukanlah islam atau tidaknya seseorang, tetapi bagaimana proses sehingga seseorang bisa mengenal Islam, dan sejauh mana komitmen orang terhadap agamanya itu...  
  • duuh makin pengen k mekkah..hmm moga-moga bakal dpt rezeki, eniwey buku yg road to Mecca keren yaaaaa.....hmm:)
    Posted by Blogger friendship @ 10:14 PM
     
  • eh nonton jiffest musti punya member card yah?

    itu filmnya objektif kah? Tampak bagus, tapi emang film2 festival gituh ada dvd bajakannya? klo dah punya dishare aja gituh dirapidshare :P

    Road to Mecca gw punya bukunya tapi belum sempet baca ampe abis :(
    Posted by Anonymous iks @ 1:24 AM
     
  • thx banget udah mampir buat ngasih tahu klo kamu udah nge-review.
    dari reviewmu rasanya filmnya menarik, tapi menurutmu buat penonton yang bukan muslim, bakal ada saat2 dimana kita engga ngerti ga?
    misalnya kayak rukun-rukun gitu?
    thx sekali lg ya ;)
    Posted by Blogger konnyaku @ 7:37 AM
     
  • iyah..jadi pingin nonton...
    mmh :-?...
    adakah bajakannya?
    hehe..boleh ga sih nonton film bajakan? kayaknya bagus tuh buat di ulas...
    oia berkunjung ya! mo ikut baca-baca..:D
    Posted by Blogger rela @ 12:44 AM
     
  • «dengan mobil Peugeot yang pintunya warna –warni (tentu karena ini film Prancis gak mungkin pake Toyota). »


    Eerrrr ... Toyota telah lama masuk pasar otomotif Perancis loh.


    ciao
    Posted by Anonymous macchiato @ 4:15 PM
     
Copyright © 2007 Catur