SAKTINYA SEBUAH SURAT
Thursday, February 23, 2006

Makna Sebuah Surat SAKTI….

Pernah dapet surat…??? Pernah dunk pastinya.. mau surat apa? Surat cinta, surat undangan, surat tugas, surat peringatan, surat penolakan lamaran kerja, surat diterima di tempat kerja, surat pemecatan, surat tagihan, surat kabar (kayanya yang ini bukan deh), dan berbagai macam surat lainnya. Ada yang diterima dengan perasaan biasa saja, ada yang diterima dengan perasaan yang rada senep (sama dengan donkol atau keuheul), ada yang menerima dengan perasaan berbunga-bunga.

Gak tau sebenarnya definisi Surat itu apa... pokoknya pesan antar orang ke orang yangg disampaikan melalui tulisan.. kalo jaman dulu definisi surat terbatas pada pesan diatas kertas, sekarang surat merambah ke ranah yang lebih maya, menjadi Surat elektronik.

Kalo kata wikipedia Surat elektronik (disingkat Surel) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (juga: 'posel' = pos elektronik, dan 'imel') adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa seseorang perlu membeli prangko sebagai biaya pengiriman, tetapi surat elektronik tidak perlu memakai biaya untuk mengirim.

Sejarah surat terbentang panjang dari jaman Persia Kuno hingga jaman Linkin Park kaya sekarang,.. kalo mau tahu lebih banyak ya silahkan aja baca di sini .

Terus maksud gue apa ngomongin surat... sabar dunk ...

Jadi surat ini berfungsi untuk banyak hal.mulai dari pengungkapan perasaan, penugasan, pemberitahuan sampe surat sakti.. yang nah surat sakti ini menjadi semakin sakti, karena bisa meloloskan apapun yang tidak lolos... saking saktinya sampe melumpuhkan fungsi organisasi di sebuah organisasi. Gak percaya?? Begini dalam organisasi itu kan ada fungsi rekrutmen dan seleksi untuk merekrut pegawai atau anggota baru yang memenuhi standar dan kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Kalo ada surat sakti, fungsi itu jadi lumpuhkan.. ada lagi misalnya fungsi lelang dan seleksi yang diambil ketika tender, fungsi itu bisa lumpuh ketika muncul surat sakti.

Denger kasusnya Surat Sakti yang dikeluarkan oleh Seskab ke Deplu untuk merekomendasikan salah satu perusahaan untuk menjadi kontraktor renovasi Gedung KBRI di Seoul..... itu salah satu contoh Surat Sakti yang dikeluarkan lembaga terdekat Presiden (dalam surat tersebut disebutkan atas petunjuk Presiden.) diantara sekian banyak surat sakti yang beredar selama ini, surat seskab ini yang paling heboh disebut.... One of the disgraces that SBY face in his cabinet. Kalo mau cerita lebih valid y abaca aja disini.

Nah lho, kalo kaya gini terus gimana dunk…

Budaya surat sakti memang sudah menjadi budaya biasa di Indonesia, sampai pda akhirnya Seorang Seskab bisa bilang tidak tahu soal surat yang dikirim ke Deplu. Emang pas dia tanda tangan, gak ngeliat yang ditandatanganinnya.

Jadi sebenarnya sesakti apa sih surat Sakti itu…

Kalo gue ya pengennya punya surat sakti yang bisa bikin gue Bisa terbang.. kan jadi sakti beneran tuh. Bisa ngebantuin gue membantu orang lain yang butuh pertolongan (bantuin nyokap bawa belanjaan) atau memberntas kejahatan di bumi Indonesia..

Sekarang gue Tanya. Misal dikasi surat sakti, isinya mau apa????

-Catur-

PENULISyangLAGIbrainless

Comments:
  • surat sakti?
    yang bisa bikin aku lulus tanpa ngerjain TA dan sidang tentunya... :D
    Ada ga?
    Posted by Anonymous nie @ 4:01 PM
     
  • pengennya sih diberi jaminan untuk sekolah dimanapun gw mao sampe mati hahaha...
    Posted by Blogger amellie @ 4:31 AM
     
  • hehehe, jadi inget. dulu gue punya surat sakti lho cat. sakti banget deh. bisa bikin kita ke tempat2 yang nggak boleh dimasuki orang sembarangan, bisa dapet akses yang mentok dan menyenangkan (sebut aja deh apa aja -nantang neh ceritanya, hehe-). anyway sekarang surat itu udah abis masanya. but, still, gue masih bisa ngrasain kesaktiannya, hehehe.

    penasaran kan lo pasti...ahahaha....

    btw, aye naon komen ditempatku nggak bisa? bisa ah!
    Posted by Blogger ~fitri~ @ 9:13 PM
     
  • This comment has been removed by a blog administrator.
    Posted by Blogger Jeego @ 5:02 AM
     
  • jieee..liat deh comment si jeego..BISA ajah, dia ngasih pujian..abis itu ngiklan deh! huehehe..

    tur...kalo gw, maunya surat sakti supaya gw dapet akses ke semua informasi yang gw mau!
    -info ke beasiswa yang paling mungkin nerima gw..
    -info ke database BIN...udah ngapain aja sih tu orang2?
    -info keberadaan osama (kemana sih bapak yg ini??)
    -info bajingan2 mana aja yg paling bertanggung jawab atas kerusakan hutan dan pencemaran air di indonesia, dan info bagaimana gw bisa expose dia abis2an, tentunya..

    seru kan...:oD
    dasar otak konspiratif.

    hehe..
    peace!
    Posted by Anonymous ayu @ 8:27 PM
     
  • This comment has been removed by a blog administrator.
    Posted by Blogger Jeego @ 9:27 PM
     
  • This comment has been removed by a blog administrator.
    Posted by Blogger Jeego @ 7:08 PM
     
  • Surat sakti juga cukup sakti untuk menjatuhkan orang yang sok sakti mengeluarkan surat sakti.

    irl,-
    Posted by Anonymous Anonymous @ 2:25 AM
     
  • surat?
    huhuhu...

    aku jarang banget dapet surat..
    terakhir....

    surat lebaran 2 tahun lalu kali yah?
    heheheh
    Posted by Blogger Erfi Lorraine @ 10:18 PM
     
ANTARA PILDACIL dan AFI JUNIOR
Sunday, February 05, 2006

ANTARA PILDACIL dan AFI JUNIOR

Rating Acara televisi Bulan Januari 2006 Untuk segmen Remaja 11-20 Tahun

No

Nama Acara

Stasiun TV

TV Rating (%)

1

Pintu Hidayah Spesial Idhul Adha

RCTI

10.9

2

Maha KAsih

RCTI

10.4

3

Demi Cinta

RCTI

10.2

4.

Spiderman

IVM

10.2

5

Bawang Merah-Bawang Putih

RCTIdkit

9.8

6.

FANTASI

IVM

9.5

7.

Anakku Bukan Anakku

RCTI

9

8

Mohabbatein

IVM

8.6

9

Sekuntum MAwar Merah

IVM

8.6

10

Tak Biasa

RCTI

8.1

Sumber : AC Nielsen Media Research

Tidak bermaksud untuk ikut-ikutan nulis soal TV. Tapi coba mengajukan fakta kepada saudara-saudara yang menghujat acara-acara dan sinetron religius. Bahwa Sinetron Religius itu memegang peringkat teratas sebagai acara yang paling di tonton…

Acara nomer 2 kayanya waktu itu gue juga nonton deh. Itu kalo gak salah yang episodenya tentang tukang bubur naik haji deh yang maen si Mat solar (Rizko pernah nulis soal sinetron ini). Emang sih bagus sinetronnya…..(ketauan deh gue tukang nonton TV-only in holiday teman)

Satu tahun belakangan ini (dengan tidak mencoba jadi tukang kritik TV) dunia pertelevisian kita dihiasi oleh dua jenis acara. Yang pertama acara reality show dari model Indonesian Idol sampe Tolong!!. Acara reality show sendiri yang berkembang itu ada 2 kategori. Reality show yang bertemakan social kaya Uang Kaget, Tolong!!, Nikah Gratis (kalo yang ini sebenarnya gue gak keberatan untuk jadi pserta), Lunas dan lain sebagainya. Yang kedua itu acara reality show yang bertemakan CARCEP (Cara Cepat) untuk jadi Tenar, seperti Indonesian Idol, AFI, KDI, Ajang BOYS Band, dan lain-lain..

Yang kedua itu acara bertema kan religius.. ini pun punya tiga kategori 1)religius dengan nilai da’wah (kaya Maha Kasih, Kiamat Sudah Dekat,dll); 2) religius dengan ada unsur mistik (seperti :Rahasia Illahi, Astagfirullah, dll) ;3) sinetron mistik dengan unsur religius (Ex: Taubat, Kuasa Illahi). Untuk kategori no 2 dan 3 kadang-kadang orang2 suka ketuker. Wajar sih namanya juga acara TV yang kebanyakan itu bernada sama (Awan pernah complain soal acara kaya gini di Blognya)

Banyak yang bilang pola seperti ini menunjukkan kelatahan Stasiun TV Indonesia dan tidak mendidik. Mereka semua hanya ikut-ikutan dan tidak kreatif.. Abis gimana donk. Agamanya Stasiun TV itu ya Rating... yang ratingnya tinggi, ya harus diikuti. Kalo mau bicara idealisme ya bikin aja TV sendiri.. coba saja ciptakan ide baru yang katanya mendidik. Kalo bagus dan banyak di tonton, ya diikutin sama TV lain lah... Simple kan pemikiran orang TV..

Berdasarkan dua pola acara TV ini maka gue punya hipotesis bahwasanya pola pikir generasi penikmat TV dalam satu sampai dua tahun terakhir ini dibentuk melalui dua acara ini...

Nah pertanyaannya kemudian adalah misalnya kita punya anak atau sudah punya anak atau akan segera punya anak... anda akan lebih senang anak ada ikut AFI Junior atau PILDACIL (Pemilihan da’i kecil) ???

AFI junior itu model acara kaya AFI dengan segmen buat anak kecil. Tujuannya jelas donk. Untuk mencari penyanyi cilik dengan sistem penilaian model SMS.. dan ternyata acara model kaya gini sedang digandrungi oleh orang tua lho... Gue baru tahu ternyata acara model kaya gini merubah cita-cita anak kecil. Dulu kalo gue ditanya “:Catur cita-citanya apa?”. “adi insinyur donk” jawab gue. Kalo anak sekarang ditanya (sampel diragukan), maka mereka akan menjawab dengan cekatan “Jadi Penyanyi dunk”..Pergeseran cita-cita ini karena gak ada tuh insinyur yang terkenal yang masuk TV itu ya penyanyi, dan paling cepet ya ikut acara beginian...

Kalo PILDACIL??? Nah itu sebenarnya sama sih.. Cuma mengakomodir tren religius dan Islami. Filosofi dasarnya ya gimana mencari Da’i dari kelompok anak-anak dengan (sekali lagi) ditentukan oleh SMS... Jadi kalo mau berprasangka baik sih ya tujuan dari program ini ada dua, yaitu Buat meluaskan sayap da’wah dan mengangkat Popularitas melalui cara cepet. Pokoknya mencetak da’i cilik yang bisa langsung diorbitkan menjadi komoditas (in the end) TV swasta. Terbukti di beberapa daerah di jakarta pada ustadz cilik itu udah dipanggil untuk memberikan tausyiah dan ceramah...

Sebagai orang tua atau calon orangtua akan lebih bangga mana anak anda menjadi peserta AFI Junior atau Pildacil... ya kalo misalnya non-muslim ya PILPACIL lah (pemilihan pendeta/pastur cilik)...

Pertanyaan ini penting saudara-saudara... untuk menunjukkan kecenderungan masyarakat saat ini... tolong berikan jawaban dan argumennya..

-Catuy-

NB : alhamdulilah gue masih bisa nulis lagi setelah beberapa lama mengalami stuck gak ada ide.....mudah-mudahan masih bisa terus berkarya kembali

Comments:
  • no comment,
    i dont watch tv or read news paper...
    and i suggest u start doing the same
    (waa..kalo catuy gak nonton tipi and baca koran? bisa bisa gak ada postingan lagi!hahaha!)
    Posted by Blogger Blogger admirer @ 4:57 AM
     
  • pilih pildacil kali yah lebih unik, tapi itu acara dikemasnya gak menarik sih udah gitu di lativi, tambah gak ngepop, dah gitu konsep dakwahnya, anak-anak kecil tadi dituntut untuk berdakwah seperti orang-orang dewasa. Kadang males liatnya, anak kecil kok omongannya dah tua :D Yang penyanyi cilik juga, kayanya dua2nya dituntut untuk tampil lebih dewasa, biar menarik untuk diliat, jelas buat kepentingan rating tv ituh .
    Posted by Anonymous iks @ 2:37 AM
     
  • PILDACIL! (meskipun aku nggak tau kayak gimana kemasannya di tivi). Tapi kayaknya seru. Anak bisa mengasah rasa percaya dirinya BUKAN untuk sekedar bergaya atau nyanyi doang, tapi juga ngisi otak dengan ilmu agama (yang pasti bagus banget kalo diisi ilustrasi yang isinya ilmu pengetahuan murni). Nyanyi-nyanyi udah nggak asyik lagi. Kalo emang mau ikutan nyanyi mendingan masuk ke festival sekalian. Jangan model AFI-AFIan. Btw, kayak gimana sih Cat kemasan Pildacil yang ada saat ini? Kok ada yg komentar kayak orangtua? Hehehe, penasaran gue!
    Posted by Blogger ~fitri~ @ 8:26 AM
     
  • Pildacil atau AFI cilik?

    pilihan yang aneh...
    Posted by Anonymous ikram @ 2:37 AM
     
  • weks baru tau ttg pildacil heuehehe..

    btw pa kabarnya nih?? lagi stuck ni yeee.. :P skrg gw dah gak sibuk lg.. pengen istirahat total...!!!! :D
    Posted by Blogger amellie @ 2:45 PM
     
  • aku setuju kalo stasiun TV di indo ga kreatif banget, ikut2an satu sama lain. sampe males banget nonton tv kalo pulang, padahal aku di sini ndak pernah nonton tv karna dak punya tv, giliran di indo ada tv nganggur di kamar ortu, males nonton.
    lha ya kalo semua anak2 dibikin ortunya masuk AFI ato pildacil, sing dadi insinyur sopo dunk? sing dadi dokter sapa dunk??
    mosok satu negara penyanyi kabeh?
    Posted by Blogger nie @ 1:55 PM
     
  • duh terus terang gw uda jarang banget nonton tipi...apalagi klo acaranya yg seperti disebutkan di atas.

    klo pertanyaannya lebih milih Pildacil ato AFI Junior...huhuhhu ga taw juga de. Bagus sih Pildacil, kecil2 uda jago ngomongin ttg kebaikan dll tp...ga taw ah ... =P
    Posted by Blogger b3a @ 3:05 PM
     
  • gabung yuk....kerja di tipi...hehehe ;)
    Posted by Blogger vey @ 8:59 PM
     
  • gue pilih AFI junior! tapi anaknya disuruh nyanyi lagu-lagu opick atau lagu-lagu pemaknaan diri yang bagus. terus nyanyinya keren banget terus jurinya produsernya terinspirasi buat ngerubah format AFI junior lebih "anak-iawi", terus pengiklan juga ikutan... yah, jadi pendidikan anak bangsa ini terperbaiki!!!

    (duh, kok ngaco ya..)  
  • Halo...saya baru liat psrtingan yg ini. Pilihan AFI Junior atau Pildacil, itu kan susah buat dipilih.Kalo positifnya sih, 2-2nya mengajarkan keberanian anak untuk tampil did epan umum. Tapi, AFI Junior...ntar anak2 jadi males belajar krn mikirnya ilmu gak penting,yg penting dapet duit banyak,terkenal. Pildacil...bener bgt tuh yg bilang kayak orgtua. Apalagi kalo mrk trus udah bener2 turun dakwah.Kan pengalaman hidupnya masih sedikit bgt, apa yg dia ucapkan blm dia hayati bener.
    ada gak sih yg mau bikin acara TV yg menonjolkan keberanian dan kepintaran anak Indonesia tanpa jadi konsumtif?Misalnya....berbagi cerita tentang prestasi..(sory ye,kalo ngaco..heheheh...)  
  • aku dukung adik-adik kecil kita ikut pildacil, asalkan baca NIETSZCHE dulu. baru dakwah.
    Posted by Anonymous wicaksono @ 11:11 AM
     
Copyright © 2007 Catur