ngimpi kali ye........
Monday, May 29, 2006

MESIN WAKTU!!!!!

sejarah adalah hal yang selalu menarik minat gue.. Film apapun yang berhubungan dengan sejarah, gue pasti tertarik untuk nonton.. buku bahasa inggris yang pertama kali gue baca aja Biografinya Hatta yang ditemukan tidak sengaja di perpus SMP (soalnya gak mampu beli komik, uang jajannya dikit…).. jadi jelaslah gue ama tergila-gila sama buku sejarah…karena sejarah didalamnya terdapat banyak hal yang mengajarkan kita seperti apa masa lalu dan bagaimana seharusnya masa depan…

Mungkin itu juga kali ya yang membuat gue tertarik dengan ide dan konsep mesin waktu. Mesin khayalan (iya gitu??) yang mampu mengajak kita melihat masa lalu dan bahkan (ini yang penting) berpartisipasi dalam proses di masa lalu (kasarnya ya ngubah jalan sejarah lah)….

Interaksi pertama gue dengan mesin waktu adalah ketika gue nonton Doraemon . Film jepang lama mengenai persahabatan Nobita dan Doraemon (siapa yang belum pernah nonton ini berarti gak GAUL!!!!). Nobita punya kebiasaan masuk ke laci yang berfungsi sebagai mesin waktu (kayak gak ada bentuk lain selain laci) untuk merubah kejadian-kejadian buruk yang menimpa dia di masa lalu atau ngintip masa depan dia… hasilnya?? Gak semua yang dilakuin sama dia itu sukses sih… justru di beberapa kasus kedatangan dia ke masa lalu dan berusaha mengintervensi lah yang menyebabkan kekaclutan yang terjadi sama dia…. (jadi rada gak guna ya…)… keberadaan mesin waktu di film doraemon sebenarnya filosofis banget… Cuma daripada pusing mending kita bahas entar aja deh ya…

Banyak film lain soal mesin waktu yang gue tonton kaya : Voyager, quantum leap, time trax, timeline, time machine, future cop, back to the future, minority report, dll. Favorit gue sih Voyager sama Quantum leap.

Tentu seperti layakanya penonton TV yang baik, gue pati berandai-andai dunk… kayanya keren deh kalo gue punya mesin waktu..yang terbayangkan adalah gue bisa melihat peristiwa proklamasi, bisa lihat apa sih yang ada di balik supersemar, bisa lihat sumpah pemuda (dimana hipotesis gue itu acara dadakan dan tidak terencana), bisa tahu segede apakah kerajaan majapahit itu (dimana gue meragukan kebesarannya)….. tapi ada sih mungkin keinginan-keinginan nakal untuk mengintervensi kehidupan pribadi…

Pernah gak mengalami kekaclutan hidup sampe pengen punya mesin waktu. Gara-gara insiden itu akhirnya bermunculan keinginan unuk membuat mesin waktu..

Seandainya gue punya mesin waktu ya…. Keinginan gue adalah :

  1. ................???????????
  2. ........??????????
  3. >............???????????
  4. .........????????????????
  5. Tidak meninggalkan HP begitu saja dan di mana saja pada hari selasa 23 mei 2006...

Ada tiga pemikiran memang yang mendasari orang untuk berkhayal punya mesin waktu.

  1. Jadi penonton---- tipe orang yang kayak gini pengen puya mesin waktu untuk melihat masa lalu, doank tanpa bermaksud mengintervensi
  2. Jadi pemain...—ini model yang pengen ikut terlibat dalam sejarah. Cuma tidak bermaksud untuk merubah.. ini model film voyager sama quantum leap..atau bisa juga dipake sama dia buat lihat harga dolar sepuluh hari ke depan
  3. orang yang putus asa..--- orang yang punay mesin waktu karena putus asa ini model Nobita.... yang pengen merubah masa lalunya....

mesin waktu memang menjadi sebuah ide utopis bagi para penggila sci-fi, ahli sejarah atau orang yang putus asa. Tapi ada gak ya orang di salah satu penjuru bumi ini yang bener2 berusaha bikin mesin waktu?? Karena gue punya hipotesis, sesuatu yang muncul di film holywood, pasti sudah terpikirkan 10 tahun sebelumnnya oleh para ilmuwan...

Trivia question of the day : Kalo lo punya mesin waktu apa yang bakal lo lakuin?????

Silahkan isi jawaban di box komentar terdekat... ditunggu lho.....

-Catuy-

sang Pemimpi (tukang khayal)

Comments:
  • ya tentu saja, seperti kita tau bersama tuy, gw adalah tipe putus asa. jadi ya jelas gw akan berusaha mengubah masa lalu. dimulai dari sejak gw dalam kandungan, gw akan berusaha memutasi diri gw sendiri (dengan mengambil lebih banyak makanan dari plasenta nyokap gw misalnya, ato ngobrol lobi2 sama malaikat yg ngedampingin gw) supaya minimal gw punya kemampuan super. dan jadi tokoh komik.

    kemudian waktu SD kelas 2, gw akan berusaha ga jatoh waktu disergap temen gw dari belakang yang bikin tangan gw bengkok.

    gw mempertimbangkan pacaran sejak SD soalnya ada temen SD gw yang seinget gw cantiiiik bgt.
    yang jelas, gw pengen balik lagi ke TK dan mulai belajar ngaji sejak TK, biar kalo udah gede ga buta hurup.

    apalagi ya...
    o iya, di SMA, gw akan menghindari jadian ama mantan cewe gw yang pertama (perasaan ngomongin cewe mulu ya gw...).

    tapi nggak juga sih... kalo gitu gw bukan orang yang bersyukur dong :p

    ah sudahlah, gw rasa ga perlu ngerubah masa lalu...

    walopun, kayanya asik juga balik ke 1928 dan mensabotase WR Supratman supaya nama gw tercatat sebagai pengarang lagu Indonesia Raya...

    Ato balik ke jaman baheula dan nonton sangkuriang nendang perahu sampe jadi gunung...  
  • Dasar mas ONYON!!!

    kok tau2 lo punya pikiran aneh gini? tapi...gak aneh juga sich karena kalu ternyata khayalan lo itu jadi pemicu bagi rekan2 semua untuk berkhayal "APA YG AKAN KITA LAKUKAN BILA PUNYA MESIN WAKTU?"

    Gw berkeinginan :
    1. menuju masa TK gw, karena waktu TK seinget gw, gw lumayan bagus baca Al-Qur'an-nya, cepet bisa hapal do'a2 dan ayat2.

    2. menuju masa SD kelas 4 tepatnya di kampung halaman gw di SOLOK-SUMBAR. karena ketika itu gw jatoh dari sepeda, belok ke sungai dan menyebabkan robeknya kulit gw di bawah dengkul. codetnya ampe sekarnag gak ilang2. tapi...gak apa2 dech, buat kenang2an :-)

    3. menuju masa SMP gw, dimana lagi mulai suka2nya gw ama cwo. lo pasti tau siapa cwo itu?!!! :p
    maksudnya disini adalah merubah supaya gw gak suka ama cwo itu. bersikap biasa ajalah. karena sekarang agak2 gak nyambung klu ngomong ama dia. kenapa ya???!!!???

    4. menuju masa SMU gw, dimana gw pengen lebih memiliki banyak kegiatan ke-organisasi-an. kayak lo gitu dech Mas...

    5. menuju masa Kuliah gw, karena gw ingin bisa sibuk di organisasi kayak lo :-)
    Posted by Blogger dD @ 1:30 AM
     
  • wah seru nih temanya...!!!!
    bisa aja lo 'tuy bikinnya..
    Yang jelas kalo gw punya mesin waktu gw mau :
    1. balik ke waktu gw SMA, gw bakal lebih giat belajar biar bsa jd dokter (hihihiihi pengen bgt tau..)
    2. balik ke waktu kuliah, gw ga bakal melakukan hal bodoh yang bikin hidup berantakkan!!!!!!!!!!!
    3. ehm... apalg ya????
    yang pasti banyak bgt dueh mimpi gw yang tak terwujud!!!!!!!

    Tapi ga ah.. ga jd gw merubah jalan hidup gw!!!karena gw sadar semua itu merupakan proses yg mesti gw lewati dalam hidup gw..!!!!kalo gw ngerubah berarti gw ga bersyukur dong...
    Yang pasti gw bahagia bgt ngeliat hidup gw sekarang, ternyata Allah baik bgt ma gw!!!! karena gw dikasih seseorang yang menurut gw anugerah terindah dalam hidup gw!!!!

    loh koq jd curhat!!! heheehehehe
    Posted by Anonymous -=rr. lia=- @ 3:13 AM
     
  • me?

    satu-satunya yang mau aku koreksi kalo ada mesin waktu adalah: pola makan dari kecil hingga dewasa.

    soalnya, all my troubles in my life always come from that problem.

    selain dari itu: I'm content.

    cat, aku suka banget quantum leap sama dora emon. time trax nomer dua setelah quantum leap (meskipun tokoh utamanya sempet gue impiin setiap malam, abis keren banget!)

    sekarang apa aja ya yang ada di tv, yang nyeritain mesin waktu? kayaknya udah ngga ada.
    Posted by Blogger ~fitri~ @ 5:23 PM
     
  • angan-angan ttg mesin waktu menunjukkan kalau manusia itu perfeksionis ....
    Posted by Anonymous johan @ 7:19 PM
     
  • udah bangun bangun...jangan kelamaan mimpinya..di yogya lagi ada musibah tuh...
    mending mesin waktunya dipake buat ngunsiin orangX2 sebelum terkena bencana

    (tumben, gw bener yak..hehehe)
    Posted by Anonymous benisuryadi @ 10:48 PM
     
  • Pertama-tama sebagai salah satu LIVERPUDLIAN, gw mo balik lg ke masa sebelum gw lahir.. mo kompromi ama Tuhan biar gw lahir di liverpool.. sapa tau yg jd striker Liverpool skarang bukan Morientes, tp Aryo Hudiotomo.. Kan asik tuh; menang liga Champion taun kmaren, menang piala FA taun ini, tandem ama Steven Gerard, Michael Owen, asik dah pokoknya.

    Trahir mungkin balik lg ke taun 2005, gw akan bilang ke peri kecil ttg “hal yg satu itu”.. Mo ngeberesin urusan yg masih menggantung sampe skarang.. Moga2 di trima dah pinangan gw pada waktu itu… (lo kan tau tuy penyakit gw yg satu ini....)

    Eh tapi kalo di pikir2, kalo gw di liverpool gw ga akan kenal lo tuy.. Ga bs ngisi comment di blog ini ya... Hmm rumit memang Time Travel itu.. Jd inget trilogy "Back 2 The Future"......

    Tp sperti kata awan di atas; kita hanya bisa berusaha dan mensyukuri apa yg kita dapat skarang.. Mungkin memang blom saatnya..(gw jd striker LIVERPOOL)..... hehehehehehehehe (ato mendampingi peri kecil..)
    Posted by Anonymous KELEK @ 12:03 AM
     
  • Pertama-tama terima kasih ata semua komen yang sudah masuk... responnya pada cepet juga ya....
    ok mencoba merespon komentar rekan-rekan
    Awan :ah lo gak seputus asa itu kok wan...banyak yang lebih desperate kalo berhubungan dengan mesin waktu... gak lagi wan yang seru ke tahun 1928 terus kita acak2 forum kongres pemuda dan akhirnya gak ada sumpah pemuda......
    Leadya : Gak aneh.. semua orang itu [pada dasarnya punya keinginan untuk merubah masa lalunya.... sedikittttt aja
    rr. lia : jadi dokter ??? udah deh kayanya dah cocok ama yang sekarang kok gak perlu diganti deh....
    Mba Fitri : weiits si mbak'e muncul lagi nih....wah saya punya tuh mabk koleksi DVD quantum leap seri 1.. sekarang lagi dipinjem siapa ya?????? ada lagi mbak seri soal waktu... judulnya lorong waktu........
    JOhan : bukan manusia indonesia saja..orang filmnya banyak yang bikin orang barat... itu mah naluri nakal setiap manusia kayanya...
    Benny : tumben lo waras ben...... tapi ini sekedar tulisan ringan kok...abis nyaris setiap blog menulis soal gempa dan Jogja sih... sekali-kali beda boleh dunk.... Kalo gue punya mesin waktu ya, gue lari keliling bantul bilangin besok bakal ada gempa....... (kayanya bakal disangka orang gila)
    Kelek: yah jadi striker liverpool aja bangga..... gak penting tau liverpool.....wah jangan back to the future lek.. filosofi itu bisa lo dapet kok kalo lo nonnton DORAEMON.....

    terima kasih semua
    Posted by Blogger Catuy @ 12:25 AM
     
  • Quantum leap? Duh, kangen euy...pengen nonton itu lagi. Dan mesin waktu? Uhm...Boleh juga tuh. Tapi buat apa ya? kalau aku punya mesin waktu, cuma satu keinginanku, bertemu Umar Kayam sebelum dia meninggal.
    Posted by Anonymous merahitam @ 10:08 AM
     
  • kalo buat ngayal emang enak... tapi secara realita, lebih seru, kalo kita nggak tahu "besok"... kayak main game petualangan, lebih greget!
    Posted by Anonymous Qky @ 6:53 PM
     
  • kalo gw punya mesin waktu... hmmm kayanya alhamdulillah my life has been good so far... i'm quite happy!!! :) jadi ga ada deh kayanya yg perlu dirubah :D
    Posted by Blogger amellie @ 1:54 AM
     
  • gw ngapain yah??

    pastinya sih.. ngubah pilihan pertama jurusan gw di SPMB dari teknik sipil jadi teknik lingkungan... sumpah gw nyesel.. hehehehe
    Posted by Blogger Dimas @ 1:04 PM
     
  • baru tau nih..... hape lo ilang tuy?
    Posted by Blogger wpurtini @ 9:55 PM
     
  • Buat mbak merahhitam : saya punya lho DVD Quantum leap season ppertama.. cuma jelek kualitasnya..suka berhenti tengah jalan...
    Buat Qky : ya namanya juga ngayal.... tapi emang seru sih kalo kita gak tau apa-apa
    Amellie: kan mesin watku tidak hanya berfungsi untuk merubah nasib kita bisa aja untuk melihat peristiwa2 sejarah di masa lalu
    Dimas: yah elo. dah mau lulus baru nyesel kuliah di sipil... mending entar aja ngambil S-2 Lingkungan
    Winy: iya nih Hpe gue ilang,,,,
    Posted by Blogger Catuy @ 7:18 PM
     
Suatu Pagi Dalam Bus
Sunday, May 07, 2006

Suatu pagi Dalam bus

Tulisan ini hanya bentuk intrepetasi muka para pengguna bus yang dibahasakan..

Di hari senin pagi dalam bus kota berukuran besar dan ber AC (biar lebih sedikit manusiawi)..

06.10

(didalam pikiran )Seorang Kenek

Ya elah nih cewek, lama amat sih ngejar busnya. Kemayu amat sih, bisa ditangkep polisi nih... Ayo atuh neng cepetan dikit.. bisa ketangkep polisi nih kalo kelamaan berhenti.

Ayo atuh neng masuk, ke dalam masih ada ruangan nih.. gue dorong aja ah....... Eh guue diliatin, sinis amat.. Bodo ah...

(didalam pikiran )Seorang Penumpang Wanita

uhhhh untung sempet dapet bus kalo gak gue bisa telat nih sampe kantor.. Mana pake rok ama hak tinggi lagi, susah ngejar nya nih.. duh kayanya kaki gue lecet deh..Rambut gue gimana ya….???? Wah harus make-up ulang nih nanti di kantor…

Duh bus ini kok penuh banget ya… mana tadi masuknya di dorong-dorong sama kenek... pake acara pegang pantat segala lagi...

gila gue terdesak gini dalam bus... kaya pepes aja...masih ada ruangan gak ya....??

fiuhhh untung masih sempet masuk.. duh tempat duduknya full gini.. banyak cowoknya lagi... Ini lagi cowok depan gue ngapain sih liat-liat, emang mau ngasih tempat duduk...eh dia tidur....

(didalam pikiran )Seorang Penumpang Laki-laki

Wah gila pagi-pagi gini udah ngantuk gue... gara-gara semalem ngerjain tugas buat dikumpulin pagi ini.. mana tugasnya gede lagi. Kalo lecek bisa mati gue... untung tadi berangkat pagi-pagi, jadi bisa dapet duduk deh... nyaris aja gue berdiri, kalo gue berdiri bisa rusak nih tugas..

Eh ada cewek naek... aduh pagi-pagi udah lari-lari, kayanya kepanasan dia tuh.. kayanya udah kerjaa deh, wah gak level sama gue nih.. aduh sepertinya dia panik dengan dandanannya.. dasar cewek, pagi-pagi dah sibuk ngurusin rambut..

Celingak-celinguk cari tempat duduk dia kayanya... Maaf mbak anda terlambat.... coba di lain hari aja kali ya....

DAMNED!!!!!!!! Gue ketauan ngeliatin dia....duh dia ngeliatin lagi.. apa gue kasih dia tempat duduk aja kali ya??? Kali aja bisa kenalan???Kasih gak ya.... kasih..tidak...ksih...tidak...kasih...tidak....

Ah enggak ah, nanti gue disangkain SKSD (sok kenal sok dekat) lagi... lagian tugas gue entar rusak lagi... ah mending tidur aja ah, ngantuk nih.....

06.45

Penumpang Wanita

Hari ini gue harus ngapain ya..?? Meeting jam 9, bikin memo ke bos, nyelesain final report.. oh ya entar malem gue harus dinner sama client juga nih.. gak boleh lupa nih.. duh banyak amat ya kerjaan gue, gaji gak naik-naik lagi... kapan bisa beli mobil nih, biar bisa lepas dari kaleng sarden ini..

Ih nih supir bus gila aja... kok idimasukin semua sih penumpang, PENUMPANG KAN JUGA MANUSIA..BUKAN SARDEN!!!!!!!!!!!!!!!! Mana macet lagi,, sampai kapan gue harus di dalem sini

Wah dia mulai nagih nih... duh udah tahu gak bisa dilewatin nih lorong masih aja di pepet-pepet. Mana badannya gede lagi.. duh orang sebelah gue bau banget...

Heeeeeeeeeeeeeeeee..... duh kejepit deh,.... ih kenek suka ga tau diri deh... enaknya nih kenek dijepit aja biar gak bisa napas sekalian....

Aduh.... tangan siapa nih di pantat gue... KURANG AJAR!!!!!!!!!!! Ada yang ngambil kesempatan nih....... mau marah tapi ke siapa ya?? Sabar...sabar orang sabar di sayang allah....

Kenek BUS

Duh gimane anak-anak gue ya.. tadi malam kagak pulang gue, tidur di bus jagain bus ini.. kayanya jarang amat gue pulang ke rumah absi di ongkos juga kalo tiap hari pulang... ah bodo ah yang penting cari duit dulu

Saatnya nagih duit.. aduh gue lewat mana nih... ah di selak-selak aja deh..... yang penting bisa nagih duit nih...

Duh susah amat ya.. penumpang nih pada gak mau geser lagi....emang kalo udah kaya gini orang-orang suka gak pada mau tau... naek bus umum maunya pada duduk lega, bayar Cuma goceng (Rp. 5.000) aja mau enak.. ya naek busway lah..abis kalo kagak dinaikin semua gimana bisa bayar setoran...

Duh si eneng yang tadi nih..bengong lagi dia... sori ya mbak harus ngedesek... eh ada yang curi-curi tuh.. bisa aja si bapak tangannya nempel di pantat si eneng..dasar pasti gak dapet jatah tuh dari istrinya. Wah si eneng keliatanya dah mau nyemprot tuh.. cabut duluan ah..sori neng bukan gak mau belain, tapi banyak penumpang yang kudu di tagih...

Penumpang Laki-laki

Duh gue udah sampe mana ya??? Eh ditagih, mana duit gue ya... oh ini dia... gila ketiduran gue enak juga tidurnya..

Wah si mbak cantik masih berdiri depan gue nih.. kok keliatan BT dia kenape sih... itu bapak di belakang dia juga kenapa senyum-senyum gitu...

EH dasar bapak-bapak kurang ajar. Curi-curi dia megang pantat si mbak.. apa perlu gue belain ya si mbak.. Cuma kalo gue belain entar dibilang sok jago lagi.. kalo gak dibelain kasihan juga si mbak... gimane ya??? Enaknya gimana ya????.. ah pura-pura gak liat aja. Mending gue tidur lagi....

07.30

Setelah melewati beberapa titik macet, beberapa pengkolan jalan dan beberapa kemacetan sampai lah di jalan protokol di Jakarta

Penumpang wanita

Akhirnya keluar juga gue dari kaleng sarden........... Gue sumpahin bapak tadi yang megang2 pantat gue... Awas kalo ketemu besok gue injek kakinya

Penumpang laki-laki

Fiuh udah rada sepi nih bus pada turun semua, tinggal turun, kasih tugas, negcek jadwal kuliah, terus pulang deh...

Kenek

Ah Cuma dapet segini, narik berapa rit lagi ya biar balik modal..... ya narik lagi lah....

(bersambung)

Tulisan ini khayalan gue terhadap apa yang dipikirin sama orang-orang ketika di bus.. semacam dialog imajiner lah.... cerita nyata..??? JELAS BUKAN LAH!!!!!

-Catur-

Terima kasih buat seseorang yang ngasih ide untuk mengangkat isu ini

Comments:
  • Eh, ati-ati loe tuy.. Siapa tahu mereka pikirannya engga gitu. Loe aja kali, he he he
    Tapi gw juga suka salting kalo ada perempuan atau bapak-bapak tua naik bus
    Posted by Blogger agung @ 7:40 PM
     
  • bener juga nih.....
    hihiihi mirip ama yg ada di pikiran gua juga...
    Posted by Blogger NoUseForName @ 2:29 AM
     
  • wah.. tuy.. perannya emang sehari2 banget.. ngomong2 lo jadi apanya di cerita itu?? seorang penumpang lainkah.. atau salah satunya?.. hehehe
    Posted by Blogger ra @ 7:49 PM
     
  • tuy.. lucu juga pikiran lo.. bisa aja bener...ko ga sekalian pikiran bapak2nya.. ama lo sekalian.. sebagai salah satu peran juga di bis..?? hmmmm
    Posted by Blogger ra @ 7:51 PM
     
  • wah.. pikiran lo cukup telat Tuy untuk mempresentasikan si mbak itu. Setau gue, yang namanya mbak-mbak yang naik-turun bis tiap hari buat kerja (apalagi kalo dah berani pake rok mini dan sepatu high-heels) tu langsung nyemprot kalo ada yang kurang ajar sama dia.. kecuali kalo mang dia newby di bis kota jakarta.. (berdasarkan pengalaman naik-turun bis gede saat SMP-SMA.. kalo sekarang disuruh ngulang lagi ogah dahh..)
    Posted by Blogger Novasyurahati @ 12:11 AM
     
  • wah hebat juga daya hayal lo..!!!! ato jng2 sama yah pikirannya sama cowok itu ;p

    kurang lebih sama lah ama sebagian pikiran orang2 yang ada di bus..

    emang tuh suka ada yang menggunakan kesempatan dalam bus buat ga sengaja megang!!!dasar!!!

    kenapa ga coba nulis novel aja, pengembangan dialognya keren..

    kalo temanya pas pasti novel yang lo buat bakal menarik..

    coba bikin aja
    Posted by Blogger lee_ya @ 9:25 PM
     
  • hahhaa,...bagus2... lumayan menghibur.. jadi mengingat masa2 gw naek bis nih heuheue..
    Posted by Blogger amellie @ 12:44 AM
     
  • Anda si bapak-bapak itukah? :p
    Posted by Anonymous merahitam @ 10:10 AM
     
Copyright © 2007 Catur