Posting Percobaan
Wednesday, April 08, 2009
Ini merupakan test terbaru saya dalam melakukan test ngeblog via blackberry. I forgot to mention, setelah wafatnya hp 6600 saya yang sudah lama menemani saya dan sangat saya banggakabn akhirnya saya memutuskan untk mengganti hp saya denga generasi smart phone. Hal ini tidak semata-mata latah gadget saja, tetapi bagaimana membuat hidup menjadi lebih mudah saja.
E-mail dan blogging terasa mudah. Apalagi untk saya seseorang yg banyak melakukan perjalanan ke luarkota, dimana koneksi internet tidak bsa mengandalkan koneksi wifi atau gprs yang sangat mahal.
Mudah2an postingan ini berhasil.
Regards

Elkana Catur H. Sent from my caturberry by XL

Comments:
  • Selamaaaaat anda berhasil
    wakakakakakak...


    ngomong2 oleh2nya dong dari perjalan dinasnya :-D
    Posted by Anonymous pilar @ 10:16 PM
     
Memoar of Perjalanan Dinas
Thursday, April 02, 2009

Mau tau salah satu nikmatnya menjadi PNS????
Perjalanan dinas….. kadang orang suka salah pikir dan cepat menyimpulkan bahwa perjalanan dinas dalam dunia birokrasi itu berarti uang dinas atau dikenal dulu dengan nama SPJ… jaman dahulu kala mungkin pameo itu masih bisa kita benarkan. Tapi di era dimana terjadi reformasi keuangan engara seperti saat ini, maka hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena perjalanan dilakukan sesuai dengan biaya dan cost yang dikeluarkan oleh yang melakukan perjalanan dinas.
Pengalaman pribadi menjadi pegawai pemerintah selama 4 tahun, mengantarkan saya mengelilingi penjuru nusantara. (lihat peta) Walau belum sepenuhnya dan belum seluruhnya saya jelajahi.. saya masih ingat perjalanan dinas saya dari yang pertama sampe yang saat ini saya lakukan. Mungkin karena belum banyak perjalanan dinas yang saya lakukan.
Perjalanan dinas pertama kali yang saya lakukan adalah ke Bandung. Ok itu dekat sekali dengan Jakarta. Tapi itu dilakukan pada saat saya baru2 saja lulus dari kuliah. Jadi melakukan perjalan dinas itu sama saja dengan nostalgia bertemua dengan teman2 baru. Seingat saya itu dilakukan sebelum saya wisuda, jadi saya masih memiliki kamar kost yang belum habis masa sewanya. Lumayan uang hotelnya bias disimpan.. bahkan saya masih ingat, uang lumpsump yang diberikan saya gunakan untuk membeli sebuah jam digital dan jarum tangan yang sudah lama saya inginkan (setelah pengalaman buruk dengan jam berjarum). Jam itu sampai saat ini masih melingkar di tangan saya dan menjadi jam favorit saya apalagi kalau melakukan perjalan dinas ke luar kota.
Perjalanan dinas pertama saya menggunakan pesawat terbang adalah ke Yogyakarta. Itu dilakukan dengan menggunakan almarhum maskapai Adam Air… jaman dahulu naik adam air berarti menghemat uang tiket yang lebihnya bias digunakan untuk tambah2 biaya hotel dan beli oleh2. Berbeda dengan jaman sekarang, dulu uang hotel tidak dialokasikan khusus dan staf diharapkan dapat mengambil dari sisa tiket. Bagi saya juga itu perjalanan yang menyenangkan, karena saya bias memblusuk2 ke pasar2 induk di kota Yogyakarta, jalan2 ke pusat gerabah di bantul, makan mie jawa kadin dan lain sebagainya. Perjalanan yang menyenangkan yang membuat Yogyakarta menjadi kota favorit saya ke dua dan selalu saya impikan setiap tahunnya untuk berkunjung melakukan perjalanan dinas ke sana (yang ternyata baru saya dapat lakukan 2 kali sepanjang perjalanan karir saya).
Setelah itu kota demi kota, kabupaten demi kabupaten, provinsi demi provinsi, pulau demi pulau saya jelajahi atas nama perjalanan dinas terselubung jalan-jalan dan rekreasi. Mulai dari Sumut, sumbar, Kepri, Jabar, Jateng, Bali, NTB, Sulsel, Sulteng, Gorontalo, semua provinsi di Kalimantan dan Papua barat saya ubek2 demi menjalankan tugas Negara (atau tugas atasan?? Ya beda tipislah)
Setelah saya berkontemplasi dan merenunggggggggggggg sehari semalam (ini serius dan tidak bercanda) ternyata ada beberapa fakta menarik yang saya temukan selama melakukan perjalanan dinas. yaitu
1. Status saat ini, hanya Kepulauan Maluku (Provinsi Maluku dan Maluku Utara) yang belum pernah saya kunjungi dan cium bau udaranya. Keinginan ini sudah saya pendam sejak saya masih bekerja di instansi yang lama sampai saat ini saya bergabung ke Departemen PU. Sebelumnya kepulauan nusa tenggara juga merupakan keulauan yang belum saya injak. Alhamdulillah minggu ini saya kesampaian berkunjung ke Mataram, Ibukota dari NTB, menginap di senggigi tapi sayangnya belum berhasil diving di gili yang tersebar di lautan NTB.
2. Sumatra merupakan kepulauan dimana masih banyak provinsi yang belum sempat saya kunjungi. Kepulauan Riau (Batam dan Tanjung Pinang) merupakan provinsi yang paling sering saya kunjungi selama melakukan perjalanan dinas.Kunjungan ke Batam pernah saya lakukan selama 6 hari, 3 hari, bahkan pernah hanya dalam 1 hari (Pagi datang, Sore pulang…). Di Sumatra Utara, hanya medan yang sudah saya kunjungu tapi saya puasssssssssssssssss. Sumatra Barat is still the best province until now. Bukit tinggi dan Sawahlunto adalah dua kota yang sudah menjadi tujuan utama saya.Perjalanan dinas di Pulau Jawa merupakan perjalanan dinas yang paling jarang saya lakukan. Saya belum pernah ke Jawa timur untuk melakukan tugas… ini juga menjadi incaran saya untuk melakukan perjalanan dinas.Sulawesi adalah kepulauan yang paling seringgggggggggggggggg saya kunjungi. Sayangnya intensitas itu belum mencapai Provinsi Sulut dan Sultra. Paling sering ??? Sulawesi Selatan tentunya,,, Untuk kepulauan Papua, saya hanya pernah mengunjungi Papua Barat yaitu Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari . Saya ingin sekali berkunjung ke Jayapura… Untuk Kalimantan sudah tamat semua provinsinya, ditutup dengan Balikpapan yang dilaksanakan 3 minggu lalu
3. Perjalanan dinas yang paling seru adalah saat melakukan kunjungan lapangan terhadap program Paket dan replikasidari P2KP. Menelusuri pegunungan kapur di wonogiri… Luar biasa mengetahui apa yang telah dilakukan oleh masyarakat kita untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya
4. Perjalanan paling tidak seru adalah ke Bali bulan lalu. Perjalanan saya lakukan sendirian dan tanpa teman.. GARING!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! duduk di pantai kuta 2 jam, macam orang patah hati aja….
5. Tempat makan paling enak adalah Sumatra barat dan Sulawesi Selatan. Butuh waktu untuk menceritakan seperti apa. Pokoknya enak dan enak banget….
6.Tempat yang ingin dikunjungi saat ini (dan berharappppppppppp terjadi dalam waktu yang tidak lama ) adalah Palembang, Surabaya, Berau dan Raja ampat.. mudah2an aja kesampaian

Ya itu lah sekelumit dari pelajaran yang saya bisa ambil dari perjalanan dinas yang selama ini saya lakukan.. semoga di depan dapat lebih banyak pengalaman menarik

Comments:
  • sebenarnya hal inilah yg gw incer jadi PNS. kok terkesan gak sunguh2 ya gw jadi pelayan masyarakat?

    tapi klu menurut gw sih dengan jalan2 apalagi mengetahui sisi lain Indonesia tercinta ini, adalah sesuatu pembelajaran diri. supaya kita gak egois. klu cuma nonton di tipi sich sudah biasa. yg luar biasa klu kita bisa mengalaminya sendiri.

    makanya gw bersyukur buanget bisa jadi CPNS & semoga lulus jadi PNS. supaya gw bisa jalan2 kayak lo Tuy. meskipun gw baru ngiterin Tangerang (itupun belum semua), semoga ilmu gw makin bertambah.

    pengennya gw sih keliling Indo kayak lo. supaya orang2 Indo khususnya calon penerus bangsa ini Sehat2. sedih klu tau Indonesia negeri kaya ini masih banyak anak2 yg gizi buruk. kita kan gak miskin dalam hal penghasilan buminya dibanding negara terbelakang lainnya.

    soo..GW do'akan semoga lo bisa mengunjungi seluruh Indo (kayak bokap gw) & do'ain Gw juga ya supaya bisa kayak lo juga. :D
    Posted by Blogger dD @ 9:32 PM
     
  • Waaaaaaaaa.. sungguh menarik...
    tapi, sayang saya blum mencoba perjalanan dinas seperti apa yang mas catuy lakukan .. hahahah..

    emang blum ada kesempatan ato memang nggak ada agenda di kantor yaaa...
    heu..heu..heu..

    btw salam kenal.. saya sering baca blog anda... cekakakakakka
    Posted by Anonymous pilar @ 10:14 PM
     
Copyright © 2007 Catur