Tahun Aneh... Tahunnya Charlie Brown..
Saturday, December 26, 2015
Tahun 2015.. tahun ini merupakan tahun pertengahan pada dekade kedua di abad 21. Sebuah tahun yang menurut saya sebagaimana saya tuliskan diatas sebagai tahun yang aneh. Banyak perisitwa di tingkat nasional maupun personal yang menyebabkan saya mengambil kesimpulan demikian. Apabila ada yang tahun ini berjalan dengan baik dan tidak merasa ini tahun yang aneh, maka sudah selayaknya anda bersyukur dan meneruskan kegembiraan anda kepada orang yang peduli dan mengasihi anda. tulisan ini tentunya bukan sebuah kaleidoskop sebagaimana pernah saya susun sekitar 10 tahun yang lalu di blog ini. Karena ya, saya sudah berumur diatas 30 tahun maka tulisan ini harusnya sih tidak menjadi cheesy dan garing serta mudah-mudahan bisa tetap penuh humor.

So mari kita bedah tahun ini dengan baik.
Tahun 2015 meninggalkan sebuah sisa pertarungan penuh darah, keringat dan menghabiskan banyak dana dari apa yang kita sebut sebagai pemilu presiden 2014. Pemilu presiden ini merupakan pemilihan umum yang mengedepankan dua sosok yang berbeda, secara look,  latar belakang keluarga, trah politik dan tentunya dukungan modal. Saya tadinya berpikir bahwasanya ini akan berakhir di taun 2014, saat kabinet baru terbentuk, DPR menjalankan tugas dengan posisi pimpinan yang terbagi merata dan secara stamina semua orang sudah kecapean untuk sekedar beradu argumen. Pilpres kemarin memang fenomenal dibanding 2004 dan 2009 dimana banyak pertemanan dan hubungan keluarga menjadi terbelah antara pilihan seorang Prabowo dan Jokowi. Tapi ya itu tadi, sebagai seorang pecinta demokrasi saya punya harapan besar konsolidasi akan tercapai dan semua akan ditinggalkan dengan semangat yang baru.

Tapi ya namanya harapan, ternyata tidak semua seindah yang saya harapkan. Sisa-sisa pertarungan pilpres ternyata masih lanjut dan tahun ini merupakan tahun penuh drama dari kepemimpinan politik Indonesia. Untuk pertama kalinya ada calon kapolri yang dijadikan tersangka KPK di injury time, ada KPK cicak buaya jilid 2,untuk pertama kalinya ada Ketua DPR yang mengundurkan diri karena kasus besar, dan banyak hal-hal aneh lainnya. akhirnya yang terjadi adalah kegaduhan politik yang berdampak pada keeenganan investor untuk menanamkan modal di Indonesia ditambah kondisi ekonomi global yang tidak menentu. Ok.. stop sudah mulai melantur terlalu serius.
tapi ya itu tadi, tahun ini adalah tahun yang aneh. berbagai peristiwa ajaib ditambah beberapa kejadian antik lainnya membuat para  pengusaha media senang karena tentu banyak berita, banyak klik media online, banyak iklan dan akhirnya banyak uang... kondisi ini yang kemudian menimbulkan asumsi di saya, jangan-jangan semua drama ini memang terjadi dirancang dan diorkestrasi dengan baik oleh kelompok yang lebih besar dari sekedar partai politik. ok mulai melantur lagi...

Lalu apa sih arti tahun yang aneh ini bagi bangsa ini.. widih ngeri banget sih pake ngomongin negara..

Minggu lalu saya menonton film Charlie Brown.. kisah seorang anak kikuk yang insecure dan cenderung dikatakan aneh oleh teman-temannya. di akhir filmnya (maaf spoiler buat yang belum menonton), seseorang menemukan banyak kualitas dari seseorang Charlie Brown yang aneh daripada sisi buruknya yang ditonjolkan dia. berkaca pada charlie brown, maka mungkin kita sebagai sebuah bangsa perlu melihat sisi lain dari seluruh keanehan ini. saya berpikir dari seluruh keanehan akan muncul keanehan lain yang akhirnya akan membentuk kualitas kita sebagai sebuah masyarakat, bangsa, dan negara menjadi sosok yang berkualitas ditutupi kekikukkan dalam bersikap mengatasi persoalan.

Bicara soal charlie brown, saya seperti melihat diri saya sendiri. dan saya yakin sebagian besar dari  orang pada umumnya. tidak seperti beberapa kawan saya yang memiliki masa kecil yang penuh semangat dan permainan, saya seperti Charlie Brown. Anak yang tidak percaya diri dan kikuk terutama menghadapi kelompok besar dan penghakiman orang. Ya itu lah saya, seorang Chalie Brown di tengah kehidupan anak pinggiran kota Jakarta. Kehidupan yang kejammm dan kerasssss. saya gak mau cerita pada akhirnya aoa yang terjadi sampai muncul menjadi saya seperti saat ini karena saya yakin semua orang punya momennya sendiri untuk keluar dari Cangkang "charlie Brown" nya sehingga menjadi sosok yang lebih percaya diri dan lebih baik dari sosok masa kecilnya.

Tahun 2015 ini adalah tahun yang aneh juga buat saya terutama terkait pekerjaan saya yang banyak berurusan dengan Pemerintah. banyak penyesuaian, restrukturisasi, re-focussing, percepatan, koordinasi dan lain sebagainya. sebuah kondisi yang membuat banyak pekerjaan menjadi lambat, kebijakan terlambat diambil, respon terlambat dilakukan.. ujung-ujungnya kinerja terganggu dan pencapaian tidak sesuai dengan target.. Saya dan banyak teman-teman lainnya kemudian tahun ini harus bekerja lebih keras dengan panduan yang lebih sedikit serta kebijakan yang terus berubah. di akhir tahun, ada teman-teman yang berguguran di tengah jalan.. tapi banyak teman dan sahabat saya bertahan hingga waktu tenggatnya untuk menyelesaikan apa yang sudah ditugaskan, mengerjakan apa yang sudah diperintahkan serta berkarya meghasilkan yang terbaik buat bangsanya.

Sama seperti ilustrasi diatas, saya pribadi berharap tahun ini bisa menjadi basis buat saya untuk menjadi sosok yang lebih baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.. meminjam istilah teman saya soal 2015 "tahun penuh kejutan, baik yang menyenangkan atau sebaliknya". Banyak sekali hal-hal aneh yang muncul dan akhirnya mendukung pencapaian pribadi atau profesional saya. Sahabat-sahabat baru, tantangan baru, lapangan aktivitas yang baru serta pelajaran-pelajaran hidup baru.

karena di balik anak yang aneh, akan selalu ada teman dan sahabat yang memberikan dukungan  untuk kita bisa selamat dari masa kecil kita.. sama seperti saat ini, di tahun yang aneh ini di tahun 2015, akan selalu ada sahabat yang akan bekerja di sisi kita untuk bersama-sama melalui tahun yang aneh ini..

menurut saya tahun ini aneh, tapi gak ada yang bisa menukar apa yang saya alami tahun ini . dan saya akan tetap bilang "let's do it again"...


menurut kalian tahun 2015 ini seperti apa???

-Catur-


Comments:
    Copyright © 2007 Catur