Kebetulan di Sekitar Kita
Wednesday, February 03, 2016


Kebetulan…
Kata yang amat sering kita dengar, ucapkan bahka dialami. Saya termasuk orang yang percaya dengan kebetulan.. beberapa momen penting saya sangat dekat sekali dengan namanya kebetulan. Saya dari dulu punya pendapat, jalan hidup kita dibentuk dari berbagai momen yang kita sebut sebagai kebetulan-kebetulan kecil. Ada yang menyebutnya sebagai takdir ada yang menyebutnya sebagai kebetulan belaka.
Fragmen-fragmen dalam kehidupan kita membentuk kita menjalani sebuah kehidupan yang kita jalani tiap harinya. Saya mengkategorikan kebetulan itu ada tiga
  1. Kebetulan yang diatur oleh alam yang saya sendiri tidak bisa jelaskan darimana asalnya
  2.  Kebetulan yang diasumsikan. Kita yang mengalaminya menganggapnya terlalu melo-dramatic sehinga tercetus “ih kebetulan banget ya baju kita warnanya senada, kamu merah muda saya hijau muda”..mengasumsikan kebetulan itu kadang dilatarbelakangi perasaan emosional yang berlebihan baik senang, takut ataupun marah.
  3. Kebetulan yang muncul by design. Jadi kebetulan yang lahir dari apa yang kita laksanakan di masa lampau. Jadi sebuah kebetulan yang sifatya reward ataupun punishment dari upaya dan kerja keras. Consider it bonus

Banyak film yang bicara soal kebetulan. Salah satunya Serendipity yang dimainkan sama john cussack ya.. tapi menurut saya itu sih lebay. Gak mungkin muncul di dunia nyata. Hal yang sama yang saya yakini bahwa kenalan di tempat umum, jadian, sampai nikah.. itu cuma FTV aja..

Kembali ke kebetulan. Menurut saya kebetulan adalah cara alam bicara kepada kita mengenai takdir, jalan hidup, pilihan dan lain sebagainya. Banyak kebetulan yang apabila kita maknai dengan baik maka bisa membuat kita menghargai kehidupan yang telah kita jalani atau akan kita lalui.

Saya hadir sampai saat ini disebabkan oleh banyak kebetulan yang terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi. Kebetulan yang kadang kita gak tau artinya apa, sampai kemudian kita cukup punya waktu untuk bisa memahami apa yang ingin disampaikan alam semesta ke kita..

Really random…


-catur-
Comments:
    Copyright © 2007 Catur